Profesi Dokter, Masih Menjanjikan?

Apakah Masa depan Profesi Dokter, Masih Menjanjikan?

Dengan keyakinan yang tinggi, kami jawab : Masih..

Walaupun penghasilan dokter umum di Indonesia saat ini secara rata-rata hanya berada di kisaran yang sama dengan pendapatan perkapita Penduduk Indonesia yakni sebesar Rp.35juta/tahun -di beberapa daerah malah lebih rendah dibanding UMR provinsi-, tren yang ada mengatakan bahwa masa depan Profesi dokter masih menjanjikan..

Untuk meramalkan masa depan, cara termudah adalah dengan mengamati tren yang terjadi di Negara maju, untuk masalah gaji dokter, kita bisa mengambil contoh gaji dokter di Amerika Serikat..

Dokter di Amerika Serikat tergolong kalangan menengah atas. Rata-rata Gaji Dokter di Amerika Serikat berada di atas pendapatan per kapita warga Amerika Serikat yang sebesar 400 Juta/tahun.

Berikut Daftar Gaji Dokter Di Amerika (berdasar data Medscape, Forbes, MGMA tahun 2012) :

Gaji Rp.1 Milyar-2 Milyar/tahun : Dokter Umum, Dokter Anak, dokter jiwa

Gaji Rp.2 Milyar-3 Milyar/tahun : Dokter Penyakit Dalam, Obsgyn, syaraf, mata

Gaji Rp.3 Milyar-4 Milyar/tahun : bedah umum, Paru, Kulit

Gaji lebih dari Rp.4 Milyar/tahun : Dokter Radiologi, Anestesi, jantung, urologi, TKV, Orthopedic, bedah saraf

Bila dilihat dari daftar diatas, gaji dokter umum yang sekitar Rp.1,6 Milyar/tahun masih sekitar 4 kali lebih tinggi dibandingkan penghasilan rata-rata penduduk AS, jadi bisa dibilang bahwa penghasilan Dokter Di Amerika Serikat masih memuaskan.

Dari kenyataan itulah, ditambah semakin majunya kondisi perekonomian Indonesia -yang diramalkan banyak pihak tahun 2030, akan menjadi negara maju baru-, bisa disimpulkan penghasilan dokter Indonesia di masa depan masih menjanjikan..

Namun, perlu Kita catat bahwa hal itu juga tergantung dengan Jumlah dokter di Indonesia dan produksinya setiap tahun. Bila Setiap tahun jumlah produksi Dokter di Indonesia meningkat jauh lebih besar dibandingkan peningkatan jumlah penduduk, kondisi diatas lebih sulit -lebih tepatnya lebih lama- menjadi kenyataan.

Data rata-rata penghasilan dokter di Amerika Serikat diatas, juga dapat digunakan oleh dokter umum sebagai tips memilih program PPDS bagi mereka yang ingin mengambil Program Pendidikan dokter spesialis. Saran kami, pilihlah program PPDS yang berpenghasilan besar di Amerika Saat ini, karena kondisi itulah yang akan kita hadapi di Indonesia 10-30 tahun mendatang..

 

@dr_BramIrfanda

* Jikalau anda mahasiswa Kedokteran atau dokter umum yang galau akan rendahnya gaji dokter umum saat ini, penyebabnya sudah kami bahas disini => http://bramirfanda.com/masa-keemasan-dokter-indonesia-telah-berakhir

Mau STETOSKOP LITTMANN yang WARNANYA LANGKA , unik & BISA UKIR NAMA seperti foto dibawah? atau Stetoskop Littmann Warna Lain yang lengkap? Mau Ukir nama Stetoskop Anda?   hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222/29F01C60 <= PIN hanya pakai angka nolya atau buka MasthaMedica.com

Stetoskop Littmann Master (Full) Black Edition

Stetoskop Littmann Master Classic (Full) Black Edition

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Stetoskop Littmann Chocolate (coklat) Copper Finish

Stetoskop Littmann Classic Chocolate (coklat) Copper Finish Special edition

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

littman Classic Black Edition

stetoskop Littman Classic Black Edition dewasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UKIR NAMA STETOSKOP

Contoh UKIR NAMA Stetoskop

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pilihan warna stetoskop littmann

pilihan warna stetoskop littmann

 

 

 

 

Tagged: , , , ,

Comments: 17

  1. Ria Hidayah Juni 15, 2013 at 3:57 pm Reply

    Tapi Dok, kasian juga lihat dokter intership ya, yang hanya digaji 1,2 juta / bulan dan dibayar aling cepat per 3 bulan? Andai mereka laki-laki dan menikah, mau dikasih makan apa istrinya? kasihan. bahkan dokter umum pun kasihan sekarang ini.

    Oh ya dok, bagaimana pendapat dokter mengenai RUU Keperawatan yang ingin meminta hak buka praktek juga???

  2. kony Juni 17, 2013 at 1:14 pm Reply

    tapi kenapa di daerah ku dokter gg ada…?? itu sbuah kenyataan yg ironis. lulusan banyak, tp masih ada daerah yg gg da dokternya..

    • Bram Irfanda Juni 19, 2013 at 1:38 am Reply

      iya,,memang distribusi dokter masih sgt jelek, di beberapa ga da:)

      ini biasanya terjadi krn pemda daerah itu yg bersikap jelek dg dokter, walau byk sebab lainnya.. 🙂

      • kony Juni 19, 2013 at 7:39 am Reply

        makanya saya bercita2 jd dokter untuk daerah saya yg tertinggal ini. untuk kerumah sakit saja perlu lbh 1 setengah jam, dokterpun ada d jarak yg jauh. kenapa bisa bgt, padahal setiap thun dokter jg ada yg lulus kan, terus smw kmana? katanya lulusan dokter banyak bgt d indonesia. apa pemerintah dlm pemerataan yg salah atau para dokter enggan memasuki daerah yg pedalaman seperti daerah saya ini.

        • Bram Irfanda Juni 20, 2013 at 12:58 am Reply

          iya..yg salah pemerataannya.

          iya gitu aja..smg d’Kony bisa jadi dr. yg hebat di daerahnya:)

  3. sylmi Juni 19, 2013 at 11:52 am Reply

    tapi dok, gimana kalo dokter anestesi? itu udah menjamur belum di indonesia? dok, apakah dokter anestesi itu termasuk pekerjaan yang menjanjikan?

    • Bram Irfanda Juni 20, 2013 at 12:59 am Reply

      belum menjamur dok..produksinya (masih) terbatas kok.. 🙂

  4. kony Juni 20, 2013 at 1:03 pm Reply

    amin dok.

    Alhamdulillah baru diterima d salah satu PT. smg bisa berguna untuk daerah saya nantinya jika jd dokter. amin. 😀 😀

    • Bram Irfanda Juni 21, 2013 at 3:04 am Reply

      aaminn.. 🙂

    • MAHASISWA FK UNISSULA April 7, 2014 at 4:49 pm Reply

      bang kony belajar yg bener duluu 😀

  5. robinhood Juli 13, 2013 at 4:25 pm Reply

    kalo saya sih jadi dokter karena emang suka pekerjaannya 🙂

  6. ridhokusuma September 22, 2013 at 5:18 pm Reply

    klo menurut pendapat saya pribadi semua kembali pada sistem. semua hal klo tidak didasari sistem yg bagus maka outputnya juga tidak akan bagus. menurut saya lagi, masih blm ada yg ideal di negara tercinta ini.. hehehe

  7. lolipop candy Maret 25, 2014 at 12:22 pm Reply

    Dok, klo untuk spesialis gizi klinik kedepannya seperti apa? Saya tertarik di bagian itu.., masih sdikit jumlahnya apa krna peminat yg sdikit atau krna kesadaran masyrkt akn gizi sdikit? Tolong beri opininya dok trims

    • Bram Irfanda Maret 28, 2014 at 7:52 pm Reply

      di negara maju sp.Gizi sgt bagus dok prospeknya..krn berhubungan dg gaya hidup..

      Nanti bisa punya cara tv sendiri dan bikin buku2 dok..sgt berprospek..:)

  8. Andi Baso Agustus 20, 2014 at 9:39 pm Reply

    dokter di indonesia, kebanyakan mau langsung kaya. beda dulu beda sekarang, harus kreatif bro.., dulu saingan kurang, tapi sekarang dokter yang udah tua makin banyak pasiennya.., nyawa taruhannya bro. dari pada berobat sama dokter yang baru lulus, mending sama yang berpengalaman.

    • Bram Irfanda Agustus 24, 2014 at 7:36 pm Reply

      benar sekali ..:)

Tinggalkan Balasan ke MAHASISWA FK UNISSULA Batalkan balasan