Syarat Utama Masuk FK

Apa syarat utama masuk FK?

Syarat Utama masuk FK adalah,,

Percaya..

Benar-benar percaya bahwa anda bisa masuk FK..

Bila Anda percaya bulat akan masuk FK dan menjadi dokter di masa depan, cara mewujudkannya akan menampakkan dirinya kepada anda..

Hal ini sudah dibuktikan oleh salah seorang kenalan kami, sebut saja namanya “GK”..*

GK semenjak SMA sudah bermimpi menjadi seorang dokter dan percaya suatu saat dirinya akan menjadi seorang dokter..

Malangnya, kondisi keluarganya tidak mendukung impiannya itu..

Ayahnya hanya seorang sopir angkutan dengan penghasilan pas-pasan..

Ibunya hanya ibu rumah tangga yang tidak bekerja..

Keadaan keluarganya yang susah dari sisi ekonomi itu ditambah dengan jumlah saudaranya yang banyak..

Apakah kondisi ekonomi memudarkan kepercayaan GK bahwa dirinya akan masuk Fakultas Kedokteran lalu menjadi dokter dan mewujudkan mimpinya?

Untungnya tidak..

Dengan segenap keterbatasan, GK terus PERCAYA dirinya akan menjadi seorang dokter suatu hari di masa depan..

Kepercayaan itu terus dipupuk dengan belajar dan menjadikan prestasinya selama di SMA gilang gemilang..

Setelah lulus SMA, GK langsung mendaftar di FK UNAIR melalui jalur SPMB -saat ini bernama SBMPTN-, tanpa terlebih dahulu menyiapkan UANG masuk / sumbangan awal maupun uang pendidikan selama kuliah..

Dia hanya terus belajar dan berdoa agar lulus SMPB..

Setelah dinyatakan lulus jalur SPMB dan berhasil masuk FK Unair, GK langsung mencari beasiswa ke bagian dekanat FK UNAIR dan setelah perjuangan keras beberapa bulan untuk mengurus beasiswanya, akhirnya GK mendapat beasiswa penuh selama kuliah di FK Unair hingga lulus dokter..

Dengan kepercayaan total, GK membuktikan satu hal,,

Kepercayaan adalah syarat utama untuk meraih impian yang kita inginkan..

Hanya dengan percaya total, kita pasti meraih apa yang kita impikan..

Pertanyaannya, sudahkah Anda percaya bisa masuk FK?

Sudahkah Anda percaya bisa meraih semua impian Anda?

 

@dr_BramIrfanda

  • Saat ini GK sudah lulus menjadi dokter, dan tengah menjalani Pendidikan Dokter Spesialis πŸ™‚

INGIN MASUK FK? INI TIPS BELAJAR KAMI AGAR BISA MASUK FK, baca ya:) =>Β http://bramirfanda.com/pengalaman-bekerja-16-jam-sehari

Berlangganan ke Blog via Email

GRATIS! untuk berlangganan artikel blog ini via email & menerima UPDATE TULISAN TTG CARA MASUK FK DAN KEHIDUPAN DOKTER, Silakan Masukkan alamat email anda ke form dibawah ini, lalu klik konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

 

Mau STETOSKOP LITTMANN yang WARNANYA LANGKA , unik & BISA UKIR NAMA seperti foto dibawah? atau Stetoskop Littmann Warna Lain yang lengkap? Mau Ukir nama Stetoskop Anda? Β Β hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222/29F01C60 <= PIN hanya pakai angka nol yaΒ atau WA/LINE 085640333374

littman Classic Black Edition

stetoskop Littman Classic Black Edition dewasa

Stetoskop Littmann Chocolate (coklat) Copper Finish

Stetoskop Littmann Classic Chocolate (coklat) Copper Finish Special edition

UKIR NAMA STETOSKOP LITTMANN

Contoh UKIR NAMA Stetoskop

 

pilihan warna stetoskop Littmann

pilihan warna stetoskop Littmann

 

 

 

 

 

 

 

 

Stetoskop Littmann Master (Full) Black Edition

Stetoskop Littmann Master Classic (Full) Black Edition

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Β 

 

 

 

Tagged: , , , , , , , ,

Comments: 223

  1. taufiq September 30, 2014 at 3:21 pm Reply

    mohon tanya dok, anak saya sekarang kls 3 SMA N akreditasi A , rata2nilai sekitar 88/89 untuk mapel yang di ujikan, juara 1 osn biologi tingkat kabupaten, bagaimana peluang anak saya di fk UNAIR jalur tanpa tes sekarang SNMPTN?, karena kami dari luar propinsi, dengar2 lebih di utamakan yang sepropinsi, yang di luar propinsi sulit sekali masuk, terima kasih

    • Bram Irfanda Oktober 2, 2014 at 6:23 pm Reply

      itu mitos pak.. snmptn memang pretasi sekolah harus baik. berdoa aja..

      sama persiapan ambil sbmptn tulis ya…biar aman,

      klo semangat belajar, pasti keterima πŸ™‚

  2. fani marita Oktober 1, 2014 at 8:59 pm Reply

    dok saya tuh lemah and bodo’ banget klo soal matematika , itu gmana dok ngaruh nggak nanti sama bidang fk?
    trus apa matematika itu sangat pengaruh sama kedokteran dan penentu utama?
    mkasih dok..

    • Bram Irfanda Oktober 2, 2014 at 6:26 pm Reply

      matematika ga dibutuhkan buat FK, tp waktu masuk FK kan jd bahan ujian sbmptn, jd ya hrs belajar..

      sebagian besar org itu ga suka matematika krn pas kecil dihina “matematika km bodoh” ya.. pdhl klo tes IQ, kebanyakan org mathnya bagus πŸ˜‰

      ad” Fani cerdas matematika, saya yakin itu πŸ™‚

  3. Anis Oktober 7, 2014 at 11:58 pm Reply

    Terima kasih banyak,
    Bismillah.

  4. Anis Oktober 8, 2014 at 12:00 am Reply

    Apa boleh minta tolong share tips-tips untuk persiapan SPMB kah ?

    • Bram Irfanda Oktober 11, 2014 at 6:35 pm Reply

      mulai latihan kerjain soal2 sbmptn..

      sy dlu belajar sbmptn 5mggu sebelum UAN, belajar 6 jam sehari di hari sekolah, 12 jam sehari klo libur, waktu tryout sbmptn pertama (sebelum UAN) sudah ‘lulus’di semua Jurusan di ITB & UI.

      asah terus kecepatan ngerjain soalnya..sy dlu soal2 sbmptn itu selesai 15-30menit sebelum waku tryout dan ujian kelar

      Tetap merasa lapar, tetap merasa bodoh.. πŸ™‚

  5. giyarno Oktober 20, 2014 at 2:09 pm Reply

    mohon tanya dok, menjadi seorang dokter adalah impian dan semnagat hidup saya hingga saat ini, sekarang saya kelas 3 SMK dengan jurusasn KEPERAWATAN , rata -rata saya sekitar 85-86, alkhamdulilah prestazi lain lumayan banyak seperti juara 1 lomba karya tulis ilmiah tingkat karisidenan surakarta, juara 1 lomba cerdas cermat kesehatan tingkat kabupaten dll. tapi masalahnya jurusan saya itu masih belum terakreditasi ,, biswa tidak ya dok untuk masuk FK ?…

    • Bram Irfanda Oktober 21, 2014 at 7:26 pm Reply

      BISA BGT..
      BELAJAR MATEMATIKA & PELAJARAN IPA LAIN dg giat ya biar masuk fk..:)

  6. Maya Indah Oktober 23, 2014 at 7:02 pm Reply

    Kuliah di FK berat tidak dokter bram.?

    • Bram Irfanda Oktober 31, 2014 at 3:22 pm Reply

      beberapa kali lipatnya ekonomi.. πŸ™‚

  7. isro mirsatin Oktober 29, 2014 at 9:55 am Reply

    dokter, saya ingin masuk FK tapi saya dari madrasah aliyah jurusan IPS, apa bisa masuk fakultas kedokteran ??

    • Bram Irfanda Oktober 31, 2014 at 3:12 pm Reply

      bisa..hrs belajar pelajaran IPA sma ya..:)

      • isro mirsatin November 5, 2014 at 9:37 am Reply

        iya dokter, terimakasih atas jawabannya. membuat saya lebih bersemangat untuk masuk FK

        • Bram Irfanda November 8, 2014 at 7:50 pm Reply

          pasti bisa Masuk FK UI atau masuk FK yg lain πŸ™‚

  8. cindy Oktober 30, 2014 at 8:26 pm Reply

    Gimana kalau punya mata minus apa bisa masuk FK ?

    • Bram Irfanda Oktober 31, 2014 at 3:11 pm Reply

      bisa…saya jg minus.. πŸ™‚

  9. insiahalitaisyah November 17, 2014 at 4:04 pm Reply

    Dok, qu kan mau banget kedokteran. Tpi qu punya asma. Apa bisa?

    • Bram Irfanda November 17, 2014 at 4:43 pm Reply

      asma + penyakit lain tetap bisa masuk.. πŸ™‚

  10. Hafid Algristian, dr. November 23, 2014 at 5:39 am Reply

    thanks infonya, dek Bro. kebetulan saya diminta kasih pembekalan untuk siswa2 yg pengen masuk FK. saat saya browse ttg kondisi terkini, saya mampir di mari. insyAllah ilmu yang dishare, makin menambah amal jariyah. amiiin. πŸ™‚

    • Bram Irfanda November 29, 2014 at 7:15 pm Reply

      inggih masse..sami2.. πŸ™‚

  11. relung fajar. Desember 28, 2014 at 7:34 am Reply

    Dok.. saya anak jurusan IPS. tapi saya ingin sekali masuk fakultas kedokteran. mulai saat ini saya sudah mempelajari pelajaran- pelajaran anak IPA melalui teman2 saya.
    masalahnya saya pernah dengar kabar, kalau salah satu persyaratan untuk masuk FK adalah jurusan IPA. lalu bagaimana solusinya dok?
    terima kasih.

    • Bram Irfanda Desember 28, 2014 at 10:19 pm Reply

      boleh kok dari IPS.. buka sbmptn.or.id biar tenang πŸ™‚

  12. relung fajar. Januari 1, 2015 at 5:11 am Reply

    terima ksh dok… bkn tambh semangat πŸ˜€
    fk apa jg menyediakan beasiswa dok?

    • Bram Irfanda Januari 4, 2015 at 10:00 am Reply

      semua menyediakan beasiswa. pakai bidikmisi aja biar tenang πŸ™‚

  13. rezi Januari 25, 2015 at 9:38 am Reply

    dok, lulusan smk farmasi bisa masuk fk?

    • Bram Irfanda Januari 25, 2015 at 7:14 pm Reply

      bisa.. πŸ™‚ yg penting banyak belajar pelajaran IPA SMA πŸ™‚

  14. jeni Januari 27, 2015 at 5:37 am Reply

    Maaf dok, sy baca di standar pendidikan dokter Indonesia, syarat msk FK adalah lulusan SMA atau sederajat dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bersadarkan prinsip relevansi.

    • Bram Irfanda Februari 8, 2015 at 10:01 pm Reply

      iya..berlaku mulai tahun ini.. πŸ™‚

  15. wiji Februari 7, 2015 at 8:59 pm Reply

    dok saya itu orangnya bodo’ dan nilai rapor sya pas pasan. apkah saya bisa masuk fk???

    • Bram Irfanda Februari 8, 2015 at 9:52 pm Reply

      klo anda ingin masuk FK, berarti adik SUDAH DIBERI TUHAN KEMAMUAN UTK MASUK FK. adik wiji sejatinya cerdas, tp krn belum fokus belajar atau dlu sering dibiling ‘bodoh’ jadi minder skrg.

      luakan masa lalu, belajar untuk masa depan!

      • rudi Februari 12, 2015 at 11:43 am Reply

        Dok jika gigi brlubang apa bsa masuk fk?

        • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:38 pm Reply

          BISA.. MAU OMPONG JG GPP.. πŸ˜€

      • hanifah Februari 26, 2015 at 3:08 pm Reply

        Dok rata” nilai saya 83,4 apa bisa masuk fk?kira” nilai un yg harus di capai agar bisa masuk fk berapa?

        • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:28 pm Reply

          BISA…

          NILAI UJIAN TULIS YG HARUS DIBAIKKAN lagi, agar lulus tes tulis masuk FK πŸ™‚

  16. wiwin Februari 9, 2015 at 5:05 pm Reply

    Dok gima caranya saya tidak terlalu pintar Dok.fisika sma matematika saya pling tdak tau Dok.apa bsa msuk Fk Dok.

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:39 pm Reply

      belajar ya..

      TIDAK TAU + TIDAK BISA bisa disembuhkan dg belajar (+ yakinkan diri klo pasti bisa) πŸ™‚

  17. chandra Februari 9, 2015 at 7:33 pm Reply

    Dok klw lulusan smk keperawatan bisa masuk gak di fk unair..?

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:40 pm Reply

      klo masuk kedokteran ga bisa..masuk jurusan lain bisa πŸ™‚

  18. Lutfiyah Nurul W Februari 12, 2015 at 7:25 pm Reply

    dokter, saya dari lulusan smk keperawatan apa bisa ya masuk FK ? jika tidak bisa tolong dijelaskan ? terimakassih.

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:34 pm Reply

      bisa…

      masuk FKnya FK swasta krn FK negeri skrg cm bisa dari SMA πŸ™‚

  19. refaldi gunawan febriyanto Februari 16, 2015 at 1:33 pm Reply

    maaf dok, sya ingn bertanya sya adal siswa SMK kesehatan, kira kira biaya pas kita daftar ulang masuk FK brapa ya dok ? biar saya dan orang tua saya agak ringan kalau diya tau biayaynya !

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:32 pm Reply

      setau saya, antara 40-100an juta di FK swasta (krn dari SMK)..

      klo dari sma bisa masuk FK negeri, jadi lebih murah πŸ™‚

  20. kiky Februari 20, 2015 at 9:32 am Reply

    maksih atas infonya dok..

  21. emma cantiikkaa Februari 21, 2015 at 10:13 pm Reply

    Assalamualaikum dok..
    Dok saya kpngen banget masuk fk.saya sekarang sudah kelas XII . Tapi kondisi org tua saya gak mampu. Dan nilai skolah saya juga jelek bgt. Tapi saya skolah di Smk ambil jurusan Rpl(rekayasaPerangkatLunak) apa masih bisa dok. Terimakasiihh

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:30 pm Reply

      klo SMK hrs daftar FK swasta..

      sudah coba cari beasiswa+sudah belajar?:) klo mau belajar giat ya maju aja.. πŸ™‚

  22. Rahma Maret 6, 2015 at 11:29 am Reply

    Dok saya dari kecil pengen banget jadi dokter, sekarang sy kelas 1 SMA. Apakah ada syarat tertentu biar bisa masuk FK?

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:28 pm Reply

      syaratnya cuma lulus tes masuk, mudah bukan? πŸ˜€

  23. varell Mei 3, 2015 at 6:54 am Reply

    dok saya mau tanya,seberapa besar pengaruh sertifikat dlm penerimaan fk?apakah bidang prestasi yg tdk sejalur dengan bidang fk mempengaruhi ny jg?trmksh

    • Bram Irfanda Mei 10, 2015 at 7:59 pm Reply

      ga terlalu bagus sih bobotnya..

  24. Ayu Trisni P Mei 7, 2015 at 11:22 am Reply

    makasih dok sangat membantu

  25. MDhiah_ Mei 9, 2015 at 9:08 pm Reply

    Dok.. saya minat masuk FK Unair. alhamdulillah nilai raport bagus2,, tpi saya justru ada kendala di nilai biologi yang pas2an terus… tapi saya niat banget, kira2 masih bisa masuk unair ga ya ??

    • Bram Irfanda Mei 10, 2015 at 7:58 pm Reply

      GA MASALAH..

      biologi saya kelas 3 sma cm dpt nilai 8 dari 10 πŸ™‚

  26. Arra Mei 21, 2015 at 6:49 pm Reply

    Dok… saya lulusan SMK.Tetapi saya sangat ingin masuk FK Negeri… Apa memang sama sekali tidak bisa dok ???

    • Bram Irfanda Juni 2, 2015 at 2:14 pm Reply

      klo sekarang ga bisa..ntah klo th depan πŸ™‚

  27. fanny einstein Mei 25, 2015 at 5:15 pm Reply

    Dok , saya paling kesulitan kalo udh ketemu fisika sama kimia , nilai juga pas”an biasanya tapi bisa di pel. Biologi , kira” bisa gk ya masuk FK?

    • Bram Irfanda Juni 2, 2015 at 2:05 pm Reply

      BISA BANGET..
      saya dlu kesulitan bahasa indonesia, makanya saya tambah belajarnya

      saran saya : JANGAN TERLEBIH DLU BERPIKIR KITA TIDAK BISA FISIKA DLL, BISA BIKIN BELAJAR SUSAH MASUK πŸ™‚

  28. fazrul Mei 31, 2015 at 10:21 am Reply

    dokter saya lulusan smk kesehatan jururan keperawatan saya bisa minta info ngak fakultas kedokteran yang terima smk kesehatan

    • Bram Irfanda Juni 2, 2015 at 2:03 pm Reply

      hampir semua FK swasta mau nerima lulusan SMK πŸ™‚

  29. Muhammad Aidil Juni 5, 2015 at 9:03 am Reply

    Dok. Saya baru tamat SMP.. Saya minta saran nya dokter. Kira” lanjut dimana ya yang bagus ? SMA / MA ? Supaya kalo udah lulus bisa masuk FK lewat jalur undangan SNMPTN nya lebih dimudahkan..
    Trims

    • Bram Irfanda Juni 14, 2015 at 9:49 am Reply

      jalur undangan menysaratkan sma nya hrs plg bagus minim sekabupaten… itu masih diliat kabupatennya + sma nya berprestasi/ga

  30. Luh Sriabdini Juni 9, 2015 at 7:25 pm Reply

    Dokter, saya SMA kelas XII dan ingin sekali menjadi dokter suatu hari nanti . menurut dokter bagaimana kita mengatur waktu belajar? soalx sy pnya kendala akan wktu bljr. tolong dok jelaskan secara detail

    • Bram Irfanda Juni 14, 2015 at 9:47 am Reply

      jadwalkan suatu waktu tertentu utk belajar ya..contoh 3jam per hari, klo rutin pasti dahsyat

      kalo metode belajar saya beginipas SMA : belajar cm klo mau ulangan atau ujian, tgt siap tidaknya meghadapi ujian, pokoknya hrs dpt nilai 10. klo sebelum ujian UAS/UTS biasanya 1mggu sebelum ujian udah belajar. klo sebelum sbmptn 2,5 bln sebelum udah belajar. klo cm ulangan 1-2hari sebelum belajarnya. jadi sesuaikan aja dg beban ujiannya, yg penting dpt nilai 10 πŸ˜€

  31. Mio Juni 26, 2015 at 10:40 am Reply

    Dok,saya anak SMK jurusan kimia analisis..apa bisa masuk FK?

    • Bram Irfanda Juni 28, 2015 at 9:00 am Reply

      BISA.. πŸ™‚

  32. Haliq Rizki Juni 29, 2015 at 7:39 pm Reply

    Dok, mau tanya. Saya siswa kls 11 jurusan IPA, saya berkeinginan menjadi dokter. Saya pernah baca beberapa artikel bahwa syarat untuk di terima SNMPTN adalah akreditas sklh, dan banyak/berpengaruh nya alumni sklh masuk PTN yg kita tuju. Sedangkan akreditas sklh saya masih B, trus alumni sklh saya kira” gk ada yg masuk PTN yg saya tuju karena saya dari Ambon dan ingin daftar SNMPTN FK di UGM, Brawijaya, atau Undip. Pertanyaan saya apa kah saya bisa lolos SNMPTN tersebut?

    • Bram Irfanda Juli 5, 2015 at 11:06 am Reply

      sepertinya utk SNMPTN susah ya.. coba sbmptn aja, pasti bisa! πŸ™‚

  33. adeir Maret 26, 2017 at 11:29 pm Reply

    kalau bungkuk dan pendek bisa tidak dok?

    • Bram Irfanda November 12, 2017 at 10:14 pm Reply

      bisa πŸ™‚

Tinggalkan Balasan