Persembahan untuk Yang Sering Dikritik

Untuk mereka yang sering menjadi gundah gulana, galau, sedih, dan ‘down’ ketika dikritik pedas oleh orang lain, ingatlah ini..

Kritikan itu gratis dan bisa diucapkan oleh semua orang. Akan selalu ada ‘lalat’, ‘kecoak’, dan orang-orang yang ingin mengotori kehidupan kita dengan kritik-kritiknya..

Anggaplah kritikan itu, hanyalah sampah..

Karena semua kritikan itu gratis, semua orang termasuk orang yang membenci kita berlomba-lomba berkomentar buruk tentang diri kita..

Hiraukan saja Mereka..

Orang-orang yang suka mengkritik kita, biasanya bukanlah orang yang punya prestasi hebat dalam kehidupannya..

Lupakan saja mereka..

Mereka yang lebih sering ‘mengkhawatirkan’ keadaan orang lain di saat keadaannya sendiri sangat buruk, adalah orang yang harus dikasihani..

Kasihani saja Mereka..

‘Kecoak’ dan ‘lalat’ yang sering menyebarkan kritik untuk membuat orang lain tidak berhasil, tanpa sadar telah membuat begitu banyak dosa dari perkataannya,,

Maafkan saja Mereka..

Kritikan hanyalah sampah,,

Kenapa harus kita risaukan?

@dr_BramIrfanda
Mau Update Artikel Bram Irfanda’s Blog setiap hari? Follow @IrfandaBlog di twitter

Tagged: , , , , , , , , ,

Comments: 4

  1. Yanuarty Paresma Wahyuningsih September 12, 2012 at 3:39 am Reply

    3 postinganny ttg kritikan smw #lagiPanas nih kyknya 😀 . tiga SEPATU deh buat yg ini. just sharing nih, jd ingt dgn masa sekolah dlu pnh dpt kritikan pedas smpe mw nangis,huhu aneh bged, kok adaa gt guru yg dgn mudah ngejatuhin muridny sndiri pdhl dlm posisi mw audisi lomba tuh, bnr2 down rasany wktu lomba it tuh.mana baru kenal lg kok bs su’udzan dluan.
    yap bner jg sih, yg pnting berusaha utk trs tunjukin yg trbaik aj dan jgn smpe jd dendam. tp klo dpikir2, perlu brterima ksih jg sih sm mreka yg suka kritik..dr mereka qt bs bljr lbih sabar, be calm, bljr ngatur emosionalitas, dan banyak hal lainny, bhkn bisa jd kita malah trkenal gara2 kritik mereka. hehehe 😀 always be positive thinking aj dok.

  2. @yayan_ruhyana September 11, 2012 at 11:49 pm Reply

    Betul sekali dok, tp ada kalanya kritik itu bermanfaat untuk memperbaiki diri kita, tentunya kritik yg bersifat membangun. Seperti halnya sampah, tidak selamanya harus kita buang, kita bisa memilah mana sampah yg bisa di recycle & reuse, sehingga bisa bermanfaat lg baik buat kita maupun orang lain…

    • Bram Irfanda September 12, 2012 at 1:46 am Reply

      dlm konteks ini, yg membangun itu dst saran:)

  3. Bram Irfanda September 15, 2012 at 3:49 pm Reply

    artikel ini terutuk yg tidak kuat dikritik aja, byk lho yg menjalani hidup dg dasar omongan org lain, layaknya omongan org itu nasib dirinya.. aneh, tp nyata.. 🙂

Tinggalkan Balasan