Pentingnya Prinsip Pareto

Prinsip 80/20 atau yang lebih dikenal dengan Prinsip Pareto, adalah salah satu prinsip paling penting bagi manajemen waktu dan produktifitas..

Prinsip Pareto ditemukan oleh Vilfredo Pareto, seorang Ekonom terkenal Italia, yang menemukan bahwa orang-orang di lingkungannya, secara alamiah terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok “Penting yang sedikit” yang berisi 20 persen orang teratas dalam bidang keuangan serta pengaruh dan kelompok “sepele yang banyak” yang berisi 80 persen orang terendah..

Di kemudian hari, Vilfredo Pareto menemukan ternyata prinsip 80/20 ini berlaku pada seluruh kegiatan ekonomi dan kehidupan..

20 persen dari pekerjaan kita menentukan 80 persen dari hasil yang kita peroleh..

20 persen pelanggan kita menentukan 80 persen dari total penjualan Kita..

20 persen produk kita menentukan 80 persen dari total Keuntungan Kita..

Berdasarkan Prinsip Pareto ini, bisa kita simpulkan bahwa dari 10 pekerjaan yang harus kita kerjakan, ada 2 pekerjaan yang nilainya lima bahkan sepuluh kali lipat atau lebih dibandingkan 8 pekerjaan yang lain..

Pada 20 persen pekerjaan terpenting itulah, kita harus memusatkan tenaga dan pikiran kita..

Bukan pada 80 persen yang tidak penting..

Bila prinsip Pareto ini terus Kita terapkan dalam menjalani kehidupan Kita sehari-hari, niscaya kita akan masuk kelompok prestisius “Penting yang sedikit” yang berisi 20 persen orang teratas dalam segala bidang kehidupan Kita..

Mau?

 

@dr_BramIrfanda

Mau alat tensi Digital HANYA 285ribu FREE ONGKIR? hubungi Mastha Medica ya..

 

Bila merasa artikel Bram Irfanda’s Blog bermanfaat untuk Teman-teman, silakan berlangganan Artikel Terbaru Bram Irfanda’s Blog via email dengan mengisikan alamat email teman-teman di form dibawah ini..

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 38.210 pelanggan lain

Kemudian untuk mengaktifkanya, Klik Link Konfirmasi berlangganan Bram Irfanda’s Blog di inbox email anda..

Enjoy! 🙂

Tagged: , , , , , ,

Comments: 2

  1. febrianina Maret 13, 2013 at 12:56 pm Reply

    dok, apakah tidak berarti prinsip pareto ini “memaksa” qt untuk menafikan kinerja 80% karyawan/orang dl organisasi/[erusahaan?bagaimana kita bisa memilah dan memilih pekerjaan yg “prioritas 20%” ketika kita merasa semua wajib dan penting dikerjakan dgn maksimal? mohon pencerahanya,,atau mungkin referensi bukunya sekalian..heheheh :D…saya penasaran materi di blog dokter ini ambil dr buku apa aja :D…jazakallah khair dok

    • Bram Irfanda Maret 14, 2013 at 3:39 pm Reply

      Pikirkan dlm 3menit saja, 3 Pekerjaan paling penting yg selama ini kita kerjakan dlm pekerjaan kita,,itulah 20 % tugas plg penting Kita..

      buku plg bagus : First Things First + Eat That Frog

Tinggalkan Balasan