Penipuan Boss Venture, MMM, VSI, Skema PONZI & Skema Piramida

Tanggal 14 Maret 2014, kami membahas di Twitter tentang VSI Yusuf mansur. Berikut analisis kami tentang VSI, Skema Ponzi, Skema Piramida, PENIPUAN MONEY GAME MMM dan PENIPUAN MONEY GAME Boss Venture :

1.       Skema PONZI pertama kali dipopulerkan di tahun 1919 oleh Carlo (Charles) PONZI, PENIPU Paling TERKENAL DI DUNIA

2.       Sejak masih muda, PONZI sudah BEBERAPA KALI dipenjara di Amerika karena berbagai tindak penipuan

3.       Di umur 37 tahun, PONZI punya IDE memulai bisnis KUPON PERANGKO dan mulai menawarkan KE Orang LAIN ‘PELUANG INVESTASI’ dalam bisnisnya

I4.       Setelah beberapa bulan menjalankan Bisnis, ternyata PONZI SADAR BISNISNYA TIDAK MENGUNTUNGKAN

5.       Tapi, karena saat PONZI menawarkan ‘peluang investasi’ di bisnis itu ternyata BANYAK ORANG yang TERTARIK , maka ia TERUS MENGAJAK orang Untuk berINVESTASI di bisnisnya

6.       Lantas, UANG INVESTOR UNTUK APA? UANG INVESTOR yang MASUK, PONZI gunakan untuk MEMBAYAR FEE/BUNGA/BAGI HASIL investor lama

7.       Dengan modal investor sebesar $1,250, PONZI menjanjikan BUNGA/BAGI HASIL sebesar $750 HANYA DALAM 3 BULAN!

8.       Jadi PONZI MENJANJIKAN BUNGA/BAGI HASIL sebesar 60% dalam 3 Bulan! Sangat menarik bukan???

9.       Karena bunganya begitu besar, HANYA DALAM 8 BULAN SAJA, UANG INVESTOR yang DITERIMA PONZI senilai Rp.6,4 Trilyun!

10.   Lantas DARIMANA PONZI dapat UANG untuk memberikan/membayar bagi hasil/bunga investasi?

11.   BAGI HASIL/BUNGA itu didapat PONZI dari UANG INVESTASI dari INVESTOR yang BARU BERGABUNG

12.   Karena itu, dalam 8 bulan, Nilai kewajiban BUNGA/ BAGI HASIL yang HARUS DIBAYAR PONZI membengkak jadi rp.9,5Trilyun!

13.   Karena KEWAJIBAN BUNGA/ BAGI HASIL yang BESAR, PONZI HARUS TERUS MENDAPAT INVESTOR BARU

14.   BILA PONZI TIDAK DAPAT INVESTOR BARU, TIDAK ADA UANG UTK MEMBAYAR BUNGA/BAGI HASIL bagi INVESTOR = BANGKRUT

15.   Saat PONZI (& PENIPU dengan SKEMA PONZI) BANGKRUT, Yang SENGSARA + HILANG UANG adalah mereka/INVESTOR yang TERAKHIR GABUNG

16.   Pada SKEMA PONZI, 10% orang yang PERTAMA GABUNG AKAN DAPAT DUIT,  TETAPI 90% yang TERAKHIR GABUNG AKAN KEHILANGAN UANG

17.   Karena PASTI AKAN MERUGIKAN  Yang  90% dari INVESTOR/MEMBER Yang GABUNG TERAKHIR,  UANG DARI SKEMA PONZI itu HARAM!I

18.   DI AMERIKA, orang/perusahaan yg MENGGUNAKAN SKEMA PONZI : DIPENJARA + DENDA

19.   Jadi SKEMA PONZI itu INTINYA : UANG MASUK DARI MEMBER BARU, DIGUNAKAN UTK BUNGA/BAGI HASIL/FEE MEMBER LAMA

20.   Saat ini, di Indonesia BANYAK PENIPU menggunakan SKEMA PONZI dengan MODIFIKASI tertentu

21.   HASIL MODIFIKASI SKEMA PONZI Yang TERBANYAK DI INDONESIA : SKEMA PIRAMIDA

22.   SKEMA PIRAMIDA : MEMBER GET MEMBER (MEMBER HARUS CARI MEMBER BARU) Sebagai SYARAT DAPATKAN BONUS/FEE/BAGI HASIL

23.   Contoh SKEMA PIRAMIDA : BOSS venture (BV) , SKEMA PIRAMIDA YG SEDANG BOOMING DI SURABAYA

23b. Contoh Skema Piramida & skema Ponzi : VGMC, EMGC, TVI EXPRESS, Talkfusion, Program5Milyar, Program1Milyar dll

24.   SKEMA PIRAMIDA : untuk gabung BOSS Venture, member baru HARUS BAYAR 2,5JUTA. Dan  utk dapat FEE, member HARUS CARI MEMBER BARU

25.   SKEMA PIRAMIDA seperti BOSS VentuRE ini AKAN BANGKRUT (BOSS VENTURE SUDAH BANGKRUT dan SUDAH BERHENTI MEMBERI IMBAL HASIL, ini LINK berita di kontan) bila SUDAH TIDAK ADA YG MAU/mampu GABUNG LAGI (TDK ADA MEMBER BARU)

26.   Bila SKEMA PIRAMIDA seperti BOSS VentuRE ini BANGKRUT, 90% dari seluruh MEMBER AKAN KEHILANGAN DUIT.

26b.  Karena PASTI akan membuat 90% orang yang TERAKHIR BERGABUNG KEHILANGAN UANG (padahal biasanya SKEMA PIRAMIDA menjanjikan keuntungan besar,), maka SKEMA PIRAMIDA tergolong PENIPUAN.

26c.  Dan Karena uang yang dibagikan sebagai Fee/bagi hasil /bunga sesungguhnya adalah UANG HASIL MENIPU MEMBER YANG TERAKHIR GABUNG, maka UANG HASIL SKEMA PIRAMIDA ITU HARAM

27.   Bila SKEMA PIRAMIDA seperti BOSS VentuRE ini BANGKRUT, 10% MEMBER PERTAMA AKAN DAPAT DUIT, tapi HARAM DUITNYA

28.   Jadi, SKEMA PIRAMIDA Itu intinya : MEMBER LAMA CARI MEMBER BARU agar DAPAT DUIT DARI MEMBER BARU

29.   Jadi, SKEMA PIRAMIDA itu bisa diibaratkan VAMPIR, MENGHISAP (AMBIL) DUIT TEMAN agar MASUK KE KANTONG Kita

30.   ORANG YG NGAJAK IKUTAN SKEMA PIRAMIDA seperti Boss Venture : BUKAN TEMAN, BUKAN SAUDARA, TAPI MALING YG MAU CURI DUIT KITA!

31.   Lantas, Bagaimana dg VSI?

  1.   untuk VSI, saya percaya Ustadz @Yusuf_Mansur TIDAK MEMAKAN DUIT DARI “MEMBER GET MEMBER”, tapi DUIT itu 100% digunakan utk fee member

  2.   Namun, walau ustadz @Yusuf_Mansur TIDAK MENIKMATI uang “member get member” itu, MEMBER yg mendapat FEE, TETAP MEMAKAN UANG HARAM

  3. Impian ustadz @Yusuf_Mansur untuk ‘MEMBELI ULANG INDONESIA’ sangat terpuji, tapi agaknya untuk KASUS #VSI , caranya (MODEL BISNISnya) SALAH

  4.  KEBENERAN HANYA MILIK ALLAH, namanya manusia pasti ada salahnya..termasuk ustadz Yusuf Mansur

  5.  Saya pribadi ngefans dengan Ust. @Yusuf_Mansur , namun kecintaan kita pada seseorang TIDAK BOLEH MENGHALANGI KITA UTK MENYAMPAIKAN KEBENARAN 🙂

  6.  Q : @diyahaliyah: dok, saya sudah gabung VSI, kalo hanya tertarik deposit untuk pemakaian pulsa saja, bagaimana? | A : @dr_BramIrfanda : Secara bisnis Halal, yg HARAM FEE MEMBER GET MEMBERNYA:-)

  7.  Q : @Kusuma6604: pernah denger MMM & Qnet jg? Itu sama aja skema piramida чα? | A : Klo modelnya sama,,iya :-). MMM PASTI SKEMA PIRAMIDA (sudah kami cari dan pelajari kalo ternyata MMM memang skema Piramida)

  8.  Q : dok MLM oriflame + Tupperware + sophie apakah termasuk yang menggunakan sistem ponzi ini dok? | A : Oriflame + Tupperware + sophie cuma jualan murni jadi TIDAK:-)

  9.  Q : @pinkestcuty: baru gabung dok di vsi, katanya vsi sedang nunggu sertifikat halal dari MUI? | A : ‘Sertifikat halal’nya harusnya dari OJK, MUI kan BUKAN ahli investasi. GTIS (GOLDEN TrADEr Indonesia SYARIAH) ITU dapat sertifikat halal MUI..tapi sekarang ketahuan pake skema PONZI.. Yang menilai investasi ya harus OJK:)

  10.  Q : @anthi7511: jadi VSI maling dan haram dok? | A : Tidak..tp metode member get membernya dan FEE/BAGI HASILmember get membernya  haram:-)

  11.  Q : @IniPamulang: Jadi VSI termasuk skema PONZI yah dok? :'(  | A :  Metode marketingnya termasuk skema piramida.

  12. Q : @MaceVira:  knapa oriflame dll tidak SKEMA PIRAMIDA dok? kan member get member juga 🙂 | A : Oriflame + Tupperware + sophie Bonusnya berdasar omset bukan karena setoran member baru:-) .

SKEMA PIRAMIDA bonusnya dari uang setoran member baru (bila berhasil mengajak orang ikut gabung, dapat bonus).

Member get member itu BOLEH, ASAL fee yang didapat bukan dari member get membernya, Tapi fee dari OMSET/ jualannya. Ada jg MLM yang punya produk tapi FOKUSNYA DaPAT FEE dari member get member, ini juga PONZI seperti TVI EXPRESS

  1.  Q : @dedehdollet: dok bagaimana cara bilangin temen2 yang udah terlanjur ikut VSI? | A : JANGAN cari member..:-) PULSA & pembayaran onlinenya gpp:-)

  2.  Q :  @mega_meling: SKEMA PIRAMIDA kenapa bisa haram dok? | A : Nipu orang lain kan..:-)

  3.  Q :  Bagaimana cara membedakan MLM MURNI Dengan SKEMA PIRAMIDA yang BERKEDOK MLM? | A : MLM MURNI terdaftar di APLI  (asosiasi independen Dibawah Departemen Perdagangan Indonesia), SKEMA PIRAMIDA yang BERKEDOK MLM TIDAK AKAN DITERIMA APLI.
    APLI, merupakan singkatan dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia

  4. Q : Apa Dasar Hukum yang menyatakan bahwa SKEMA PIRAMIDA itu PENIPUAN & DILARANG? | A : Menurut Undang Undang No 7 Tahun 2014 (UU Perdagangan) Pasal 9 menyebutkan bahwa ” Pelaku Usaha Distribusi dilarang menerapkan SKEMA PIRAMIDA dalam mendistribusikan barang “. Hukuman bagi yang menerapkan SKEMA PIRAMIDA menurut UU Perdagangan :  Pidana 10 tahun penjara dan atau denda Rp 10 miliar

  5. Q : Apa dasar hukum haram bagi Skema Piramida? | A : Skema Piramida (Boss Venture , MMM dll) jelas Penipuan, sedangkan PENIPUAN adalah HARAM, maka uang yang didapat dari SKEMA PIRAMIDA adalah UANG HARAM. Berikut hadistnya..

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ عَلَى صُبْرَةِ طَعَامٍ فَأَدْخَلَ يَدَهُ فِيهَا فَنَالَتْ أَصَابِعُهُ بَلَلًا فَقَالَ مَا هَذَا يَا صَاحِبَ الطَّعَامِ قَالَ أَصَابَتْهُ السَّمَاءُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَفَلَا جَعَلْتَهُ فَوْقَ الطَّعَامِ كَيْ يَرَاهُ النَّاسُ مَنْ غَشَّ فَلَيْسَ مِنِّي
“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melewati setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, kemudian tangan beliau menyentuh sesuatu yang basah. Maka beliaupun bertanya, “Apa ini wahai pemilik makanan?” Dia menjawab, “Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Mengapa kamu tidak meletakkannya di bagian atas agar manusia dapat melihatnya?! Barangsiapa yang menipu maka dia bukan dari golonganku.” (HR. Muslim no. 102)

  1.  ANDA mencurigai ada SKEMA PONZI/PIRAMIDA BERKEDOK BISNIS atau INVESTASI? lapor ke : Satgas Waspada Investasi OJK , (021) 3857821,  Waspadainvestasi@ojk.go.id, @SatgasInvestasi

 

Update : BOSS VENTURE sudah diberi peringatan oleh BKPM, berikut beritanya :

Masih mau gabung? terserah anda,,Tapi uang bagi hasil/Fee dari skema PONZI /PIRAMIDA ini AKAN MENJADI HUTANG REZEKI ANDA, yang akan membawa penyakit atau bencana (selengkapnya, klik link ini) 

kalau sudah kapok, silakan belajar investasi saham di Blog Analisis Saham Fundamental 

INGIN KAYA? ini Rahasia Menjadi Kaya yang TIDAK mensyaratkan kecerdasan tinggi, modal banyak, ataupun pengorbanan hidup yang berat apalagi sampai harus menipu orang lain ,MAU?

 

@dr_BramIrfanda

SETELAH MEMBACA ARTIKEL INI, kami MOHON ANDA SEMUA MENYEBARKAN INFORMASI INI KE SELURUH SAUDARA & TEMAN ANDA, MINIMAL DENGAN MENYEBARKAN artikel ini DI FACEBOOK / TWITTER / BLOG ANDA. SETIAP ORANG YANG ANDA SELAMATKAN DARI PENIPUAN SKEMA PIRAMIDA, AKAN MEMBERIKAN ANDA PAHALA DARI TUHAN.. (saat ini Boss Venture sudah masuk ke kabupaten – kabupaten di jawa, jadi makin banyak yang menjadi korbannya 🙁

 

MOHON BACA SELURUH KOMENTAR DIBAWAH ARTIKEL INI, KARENA KAMI MEMBAHAS JUGA BERBAGAI PENIPUAN SKEMA PIRAMIDA dg KEDOK MLM

Berlangganan ke Blog via Email

GRATIS! untuk berlangganan artikel blog ini via email & menerima UPDATE ANALISIS PELUANG INVESTASI YG TERMASUK SKEMA PIRAMIDA & PONZI, Silakan Masukkan alamat email anda ke form dibawah ini, lalu klik konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

 

Tekanan darah anda lebih dari 140/90? berarti anda harus rutin cek Tekanan darah/ tensi anda untuk MENCEGAH GAGAL JANTUNG & STROKE

Mau alat tensi Digital HANYA 350ribu FREE ONGKIR dg GARANSI 1TAHUN ? hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222  Line/WA 085640333374) ya…

 

DIABETES?KOLESTEROL/ASAM URAT TINGGI?

Pakai ALAT TES GULA DARAH+ KOLESTROL+URAT, 3in1, CUMA 375RB, GRATIS STRIP & JARUM PENUSUK, SIAP PAKAI, GRATIS ONGKIR. Pesan: hubungi mastha medica disini

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments: 186

  1. Mukhlis Mei 9, 2014 at 3:29 pm Reply

    Kalo punya abenetwork ini gimana,?
    ini bonus get membernya dari pembelian/keanggotaan awal sesuai harga barang..
    ini web nya http://abenetwork.com/ikhlas

    • Bram Irfanda Juni 4, 2014 at 7:12 pm Reply

      ABEnetworks.com walau anggota APLI tp ada FEE DARI member get member..jadi abu2..

      saran saya : hindari..

  2. dewa Mei 13, 2014 at 2:08 am Reply

    dok mau tanya nich kalo DBS gimana tuch apakah itu pozi juga makasih

    • Bram Irfanda Juni 4, 2014 at 6:50 pm Reply

      DBS (Duta Business School) itu pakai SKEMA PIRAMIDA..

      JANGAN GABUNG..:)

  3. dewa Mei 13, 2014 at 2:11 am Reply

    kalo DBS gimana dok apakah itu juga ponzi

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:41 pm Reply

      spt apa model bisnisnya? klo hrs bayar+cari member, iya ponzi…:)

  4. dewi kartika Mei 15, 2014 at 8:40 am Reply

    Bgaimana dgn bisnis investasi di bankforexcash.com ataupun bankforexcash.co.id?

    • Bram Irfanda Juni 4, 2014 at 6:57 pm Reply

      konsep BFC : INVESTASI DG BONUS HARIAN yg pasti dpt?
      itu skema piramida..haram..

  5. akhmad yani Mei 15, 2014 at 2:01 pm Reply

    Bagaimanakah dg bisnis trading forex online ditinjau oleh islam

  6. Sipipit Mei 16, 2014 at 12:13 pm Reply

    Dok, kl oriflame jg pd level tertentu mempersyaratkan struktur jaringan untuk mencapai bonus. Meskipun omzet sdh tercapai, tapi kalau struktur jaringannya blm memenuhi syarat ya bonusnya nggak bisa keluar.
    IMHO, MLM apapun modelnya, selalu ada anggota terbawah yg hrs bekerja paling keras agar yg di atasnya bisa dapat bonus. Menurut saya itu jg tidak adil 🙂

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:33 pm Reply

      haha…

      mb Pipit ga cocok ikut mlm, hrs buka usaha sendiri, semangat! 🙂

  7. anastasia Mei 18, 2014 at 12:26 pm Reply

    Saat pertama bergabung dgn oriflame, saya berkonsultasi dgn suami yg dulu pernah bekerja sbg konsultan keuangan di Italy. Dia bilang oriflame mlm dgn direct selling alias penjualan langsung. Modal untuk bergabung pun hanya 49.900 jd bukan member get member kemudian dpt fee, disini ada produk yg diperjualbelikan.
    Ternyata keputusan berkonsultasi dgn suami tepat, krn intinya sama dgn yg Mas fanda kemukakan 🙂

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:27 pm Reply

      the lucky one,,untung punya suami pintar.. 🙂

  8. bambang Mei 19, 2014 at 1:05 am Reply

    info yang menarik… mau tanya nih… no 38. saya penasaran buka buka tenang MMM… yang jadi pertanyaan saya adalah siapa yang dirugikan dan siapa yang di untungkan…. sebab setiap saya tanya dana/uang yang ditransferkan tidak di satu orang ( Pemilik ) tetapi antar anggota dan begutu juga sebaliknya.. dan semuanya bilang memang ini skema piramida… tapi tidak ada namanya pemilik…. beresiko iya ( semua bisnis pasti beresiko apapun itu.. simpan uang di bank juga beresiko… Bank Century contohnya )…. mohon infonya sebelum aku join….

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:30 pm Reply

      yg diuntungkan : pendaftar pertama dan yg awal, kkrn jd bagian atas skema piramida yg akan dpt duit dari member yg daftar terakhir..

      yg dirugikan : pendaftar tengah + terakhir , krn hanya akan jadi bagiian bawah piramida yg ga akan dpt apa2

      ini mirip program5milyar.com ,,,persis..

  9. rara Mei 19, 2014 at 11:51 am Reply

    kalau PT Melia Sehat Sejahtera dan Moment itu gmn dok, haram ato tdk? dan apakah itu jenis lain dari PONZI jg? krn yg aku tau utk gab dgn mereka ada uang pendaftarannya? trims

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:58 pm Reply

      mOMENT? PASTI SKEMA PIRAMIDA..

      MELIA? PASTI SKEMA PIRAMIDA..

  10. ami Mei 22, 2014 at 9:25 am Reply

    Saya lg bingung soal bossventure. Ini bisnis uangnya diputar dimana… kok kerjasamanya dengan toko toko besar seperti sogo, sport station, payless…. sebenarnya itu uang apa benar diputar disana ?

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:26 pm Reply

      skema piramida yg udah bangkrut2, juga bilangnya kerjasama dg perusahaan besar…pdhl tidak ada kerjasama.. 😀

  11. frans Mei 23, 2014 at 12:24 am Reply

    Mau tanya dok. Kalau world venture gmn ya? Apakah itu skema piramida? Krn sebetulnya kita harus byr fee tiap bulan, tetapi jika kita berhasil mendapat 4 downline, utk selamanya kita tidak perlu byr fee. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:24 pm Reply

      iya..dari yg anda gambarkan World venture jelas skema piramida, jangan gabung ya..:)

  12. Andi Mei 23, 2014 at 6:42 pm Reply

    Dok, saya baru baca2 tentang Booknity yg di sponsori (gatau sbg sponsor ato yg mengendalikan Booknity tsb) oleh Kompas Gramedia dan Elex Media Komputindo. Baiknya saya gabung apa ga ya dok..??

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:23 pm Reply

      sudah sy cari sekilas : booknity itu anda jd reseller dari Gramedia grup saja..tanpa embel2 hrs cari member lain..(mhn koreksi bila salah)

      jd bukan skema piramida, gpp..

  13. Arman Mei 24, 2014 at 4:15 pm Reply

    kalo utk bisnis enimart gmn dok?

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:18 pm Reply

      modelnya gmn ya? klo modelnya mirip2 contoh diatas, jangan gabung ya..:)

  14. Renny Mei 30, 2014 at 9:13 pm Reply

    saya udah terlanjur ikut MMM, trus saya harus gimana ?

    • Bram Irfanda Juni 1, 2014 at 8:12 pm Reply

      STOP..jangan ajak org lain gabung..

      Belum balik modal? TUHAN MAHA KAYA, biar diganti oleh TUHAN semua kerugian anda:)

  15. Ika Juni 1, 2014 at 9:54 pm Reply

    Belum ada yg nyebut Amway dengan support sistem Network 21, coba dianalisis dok.. 🙂
    Sudah terdaftar di APLI.. Dan direct Sales omzet terbesar dunia tahun 2013 lhoo… Tak punya hutang 😀

    • Bram Irfanda Juni 2, 2014 at 5:35 pm Reply

      amway kan mlm yg terkenal di US, apalagi terdaftar di APLI,,jadi MLM itu..:)

      boleh..:)

  16. Widya dini Juni 8, 2014 at 3:10 pm Reply

    Kalo nu skin gmn dok?

    • Bram Irfanda Juni 8, 2014 at 7:25 pm Reply

      modelnya NUSKIN gmn ya?

  17. Sri Astuti Juni 10, 2014 at 2:14 pm Reply

    Banyak teman2 sy join ke MMM, namun sy masih ingin tahu lebih dalam bgmn scr detail sistem yang dijalankan oleh MMM ini. Sekilas sy sudah paham tentang skema piramida dr artikel yg ada. Tetapi msh ada beberapa penjelasan yang lebih aktual mengenai siklusnya, yang ingin sy ketahui lebih lanjut. Salah 1 artikell yg sy temukan tentang MMM : http://bukumonyet.blogspot.com/2013/08/dari-mana-mmm-bisa-membagikan-profit.html
    MMM menegaskan ketidakberpihakan mereka kpd bank krn mereka menyebut bank menggunakan skema piramida yang merugikan nasabahnya dengan menggunakan dan mendistribusikan “uang bebas” (istilah yg MMM gunakan) kpd masyarakat melalui Utang/kredit dan bukan langsung memberikannya kpd masyarakat. Maka, MMM dgn skema piramida namun mereka sebut menguntungkan masyarakat dgn menggunakan dan mendistribusikan “uang bebas” tsb tidak dalam bentuk utang/kredit melainkan pemberian bantuan. MMM menunjukkan sikap heroiknya melawan tatanan perbankan yg ada krn anggapan mereka bahwa bank hanya akan memperkaya diri dan membuat masyarakat menderita dgn utang/kredit.
    Lalu yg ingin saya tanyakan adalah :
    1. MMM bertindak scr independen dgn sistemnya dalam menginstruksikan membernya dalam hal Provide help dan Get Help (PH dan GH), namun kenyataannya member menyimpan uangnya di bank tertentu dan proses transaksi PH dan GH ini jg melalui bank.
    **Berarti yg terjadi adalah uang kita tetap berada di bank, tetap mengikuti siklus perbankan yg ada. Betulkah begitu?
    2. MMM menyebut bahwa MMM adalah asas kepercayaan krn utk mendapatkan GH maka kita harus PH, tentunya stlh mendapat instruksi oleh sistem MMM, lalu kita PH atau GH kpd orang yang blm tentu kita kenal.
    **Kalau pada dasarnya hanya membantu dan mendapat bantuan, berarti sudah balance, lalu bagamainakah dgn profit 30% yg scr berkala diberikan?
    3. MMM menyebutkan pula bahwa semakin tinggi posisi dlm skema piramida maka akan semakin kecil presentase bonus yg didapatkan (kl tdk slh 0,1%).
    **Bukankah seharusnya : “yg diuntungkan : pendaftar pertama dan yg awal, krn jd bagian atas skema piramida yg akan dpt uang dari member yg daftar terakhir” ?
    4. MMM mengatakan bahwa tdk punya kendali atas uang yang kita miliki.
    **Mengapa mereka bisa dapat profit, bangkrut namun tidak rugi, melarikan uang member, lalu kembali berekonsiliasi dlm bentuk baru di negara berkembang lainnya?
    5. MMM selalu membentuk pemahaman di kepala kita bahwa mereka tdk merugikan siapapun, sehingga kita tdk perlu takut utk percaya kpd mereka demi mengembangkan uang kita.
    ** Misalnya, kita membantu/provide help (sy anggap justru ini meminjamkan uang/memberi hutang), maka kita mendapatkan uang (Get help) dgn nominal yg lebih besar drpd uang yg kita berikan sbg bantuan sebelumnya (ditambah dgn profit dll). Berarti secara singkat namun tdk secara langsung, uang yang kita dapatkan selanjutnya adalah “seperti pembayaran utang atas piutang yg kita berikan ditambah dengan bunga yg sangat besar”. Namun ini mereka sebut sbg Get Help.
    6. Terakhir. Sy berpendapat bahwa inti dr sistem ini bisa berjalan, JIKA : Ada Member Baru. Namun berapa lama lagi sistem ini bisa berjalan. Kita jg tdk tahu apakah saat ini sudah tdk ada member baru.
    **Lalu apakah resiko terburuknya dan bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi?
    **Apakah karena alasan ini maka semua berburu member baru agar sistem dpt terus berjalan dan terus bisa mendapatkan profit?
    **Dan bukankah bisa saja pemilik menutup MMM scr tiba2? Lalu apa yg akan terjadi pada seluruh member??
    **Dan inilah yg menjadi sumber perusakan mental manusia melalui pemrograman pemikiran, yaitu salah satunya money oriented. Kita bukan ingin membantu, kita hanya ingin bisa mendapatkan uang dgn cara yg mudah dan cepat. Istilah membantu hanya dipakai agar kita tidak sadar dan merasa kalau sedang merugikan orang lain dan sesungguhnya pada saat yg sama kita juga sedang dirugikan oleh orang lain………..
    Maaf jika sy banyak berbicara dan bertanya. Semoga di sini sy bisa mendapatkan jawaban dan penjelasannya. Dan semoga bisa bermanfaat utk semuanya… Terimakasih banyak..

    • Bram Irfanda Juni 11, 2014 at 12:29 pm Reply

      artikelnya cerdas..:)

  18. diah indah sari Juni 14, 2014 at 4:14 pm Reply

    SAYA MAU tanya nih apakah PT.BERLIN TEKNOLOGI INDONESIA/BERLINDO juga sistem yg diatas.. kalau menurut sy bukan karna ini IT servic eccomercy

    • Bram Irfanda Juni 18, 2014 at 9:47 am Reply

      BERLINDO pakai SKEMA PIRAMIDA krn ada fee dari member get member..

      JANGAN LIHAT DARI IT SERVICEnya, liat dari marketing plannya..:)

  19. Leonard Juni 16, 2014 at 2:34 pm Reply

    Simply want to say your article is as astounding. The clarity in your post is
    just nice and i could assume you are an expert on this subject.
    Fine with your permission allow me to grab your feed to
    keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the enjoyable
    work.

  20. Nia Alim Winata Juni 23, 2014 at 4:58 pm Reply

    yg saya dengar baru2 ini asean global dok. klo itu bagaimana? tampak menggiurkan lho. masukin 1.8 jt, 4 hari bisa cair 1.5 jt-an.

    • Bram Irfanda Juni 26, 2014 at 11:58 am Reply

      SKEMA PIRAMIDA yg hasilnya cepat, bangkrutnya mkn cepat…:)

  21. nia Juli 21, 2014 at 8:37 am Reply

    Kl melilea gmn dok?

    • Bram Irfanda Agustus 17, 2014 at 10:41 pm Reply

      MNI? pkai skema piramida ini,,haram:)

  22. iman Juli 23, 2014 at 10:25 am Reply

    permisis dok, mau tnya gmna dengan hukum na DNI (PT Duta Netwok Indonesia)?
    Apakah juga termasuk yang tidal boleh ?
    mohon penjelasan na..

    • Bram Irfanda Agustus 17, 2014 at 10:40 pm Reply

      Duta business school ya? ini skema piramida, jgn gabung ya..:)

  23. chairunnisa Juli 23, 2014 at 6:46 pm Reply

    Bagaimana dengan bisnis nano spray mgi/mci dok? Saya ingin membeli nanospray nya karena bermanfaat untuk saya. Saya juga tertarik dengan bisnis nya yg menjanjikan mendapat bonus yang banyak. Tp apakah bisnis itu halal dok? Atau menggunakan skema piramida juga dok? Apakah saya salah jika hanya membeli barang nya saja?

    • Bram Irfanda Agustus 17, 2014 at 10:39 pm Reply

      nano spray setelah sy cari TIDAK BERMANFAAT.

      CARA BISNISNYA pakai skema piramida, jadi jgn gabung 🙂

  24. naa Agustus 24, 2014 at 10:49 am Reply

    tentang booknity nih dok.. kan ada program cari member jg.. dan ada paketnya jg, 100rb 300rb sm 750rb. lalu katanya kalo kita dpt downline entah itu dari kita lgsung atau limpahan upline maka kita dapat komisi 40% dari paket yg downline kita ambil. jadi kalo seperti itu bagaimana dok? mohon pencerahannya. terima kasih..

    • Bram Irfanda Agustus 24, 2014 at 7:37 pm Reply

      iya,,itu skema piramida yg dibungkus tawaran bisnis 🙂

      jgn gabung..:)

  25. nurul Agustus 24, 2014 at 8:38 pm Reply

    Dok, bgmn mengenai sistem travel haji umroh arminareka perdana? Setoran awal 3,5 jt maka langsung mendapat voucher dgn nilai yg sama untuk digunakan umroh/haji. Untuk menambah kekurangan biayanya, cari orang untuk bergabung. Bila mendapat 1 org ikut kita bergabung, maka kita akan mendapatkan lgsg 1,5juta masuk rekening kita.. Begitu seterusnya..

    • Bram Irfanda Agustus 24, 2014 at 9:14 pm Reply

      apakah bila org yg kita ajak (downline kita) cari angoota dan dpt downlline lalu kita dpt uang jg? klo iya skema piramida..

      klo tidak ya gpp, itu reseller..:)

  26. saputri dewi Agustus 27, 2014 at 9:30 am Reply

    dok,klo bisnis glutera itu gimana?dia memang jual produk tapi pake sistem kanan kri jg,maul dijual sendiri bisa ato cari member,nah klo membernya jualannya banyak maka upline ny jg dpt bonus banyak,kalo engga ada yg jual ya gak dpt apa2..gmana dok?mohon pencerahan,terima kasiih 🙂

    • Bram Irfanda Agustus 28, 2014 at 7:01 pm Reply

      mlm ya..:)

      • Bram Irfanda Agustus 28, 2014 at 7:19 pm Reply

        klo hrs jualan utk dpt bonus,,,itu MLM..:)

        • saputri dewi Agustus 29, 2014 at 9:01 am Reply

          terima kasih utk infonya,tp dok sya dikasih tau klo mereka itu emang mirip mlm,tp mereka ga ada target jdi bisa dikatakan bukan mlm juga,krn mlm biasanya pake target,naah yg jd pertanyaan apakah mlm seperti itu (glutera dan mungkin sjenisnya) sistemnya memang seperti yg jd ketentuan APLI kah ato bagaimana?dan uang hasil bonus sistem mlm ini halal gak ya dok? 🙂 mohon pencerahan lagi, terima kasih sebelumnya….. 🙂

          • Bram Irfanda September 21, 2014 at 7:13 pm Reply

            klo MLM krn duit dari jualan ya halal 🙂

  27. Ny S Agustus 29, 2014 at 10:11 am Reply

    Assalamualaikum.. Dok saya ikutan Nu Skin dan Moment, sekilas bisnis dan persyaratan memberny sperti ini :

    – Nu Skin : utk menjadi distributor kita harus berbelanja produk senilai minimal 50 poin (tiap barang ada poinnya) dan tanpa biaya pendaftaran. Bonusnya didapat dr perhitungan poin (bagi hasil) minimal penjualan produk jaringan kita, jd klo kita dan jaringan dibawah kita tidak rajin dlm berjualan produk ya ga akan dpt bonus. Dan naik levelannya dgn syarat ada minimal poin pencapaian stiap bulannya, istilahnya mau rangking 1 yaa nilai rata2 tiap smesternya hrs slalu 9).. Sooo, ini bonusnya halal kan dok? krn kan ada barang yg diperjualbelikan dan bonusnyapun didapat dari perhitungan poin penjualan kita (klo ini sih insyallah saya yakin krn ada perincian perhitungan bonus yg kita dapat jg disetiap bulannya)

    Maaf penjelasannya panjang 🙂 mohon pencerahannya.. Terima kasih wassalamualaikum

    • Bram Irfanda September 21, 2014 at 7:24 pm Reply

      www

      nu skin mlm, jd boleh.. 🙂

  28. deveny September 3, 2014 at 8:29 pm Reply

    Dok, klo bisnis CAR itu gmn? Kita nabung 350rb/bln. Trus cari 3 org lg yg nabung 350rb/bln jg. Bgtu seterusnya, kita dpt fee dr rekrut org yg nabung itu, dst. Nah yg kita tabung ini akan kembali utuh di thn ke 11. Ini masuk skema piramida jg kah? Ditawarin temen, tp ragu2 buat gabung.

    • Bram Irfanda September 21, 2014 at 7:12 pm Reply

      iya.. 🙂

  29. didi September 24, 2014 at 12:45 pm Reply

    Mas mau tanya apa sistem piramida selalu merugikan?

    Bagaimana dengan sistem piramida di Arminareka? 1 jamaah hanya bisa punya jamaah langsung 3 orang, dan dari 3 orang tersebut jamaah tadi dapat komisi 1.5jt x 3 + 500 rbx2 ? Kalau salah satu orang tadi mendaftarkan 1 orang lagi, maka yang dapat komisi kan hanya yang referensi langsungnya1.5 jt ? Kalau kalau Jamaah yang pertama mendapat jamaah lagi, orangnya diberikan jamaah yang di bawahnya sehingga terjadi pasangan maka jamaah pertama dapat 1.5 juta sebagai referensi langsung dan bonus 1 jt karena terjadi pasangan atau kalau jamaah yang dibawahnya yang dapat dan jadi referensi langsungnya dapat 1.5 jt + 500 rb sementara jamaah yang pertama hanya dapat 1 jt….kalau saya lihat sih berbagi komisi dan dengan maksimum 3 jamaah maka akan terjadi saling membantu,.. komisi yang besar juga hanya dari referensi langsung kliatannya tidak saling merugikan dan selalu menguntungkan upline ya mas,…

    Saya sih melihatnya kalau ada 2 jamaah satu keluarga tentu saya hanya dapat 1 jamaah dan jamaah tadi akan dapat potongan disc / komisinya 1.5 jt, kecuali beda individu atau bukan keluarga… Masih terlarang kah ?

    Sekali lag apa sistem pyramida punya arminareka itu merugikan orang lain dan harus di hindari?

    Thanks infonya

    • Bram Irfanda September 28, 2014 at 1:10 pm Reply

      klo cm 2 tingkat gt dan umrohnya selalu sukses (uang tidak dilarikan penyelenggara) ya bukan sistem piramida, tp sistem bonus reseller aja yg dimodifikasi. gpp..

  30. meli cristya Oktober 1, 2014 at 9:00 pm Reply

    Mau tanya donk
    Kalau bisnis MCI / PT MGI
    MILIONARE CLUB INDONESIA / PT MILINARE GROUP INDONESIA
    Itu termasuk apa ya ????

    • Bram Irfanda Oktober 2, 2014 at 6:22 pm Reply

      cirinya gmn ya? klo mirip boss venture ya skema piramida 🙂

  31. fammy agustin Oktober 3, 2014 at 1:48 pm Reply

    Dok mau tnya klo sistem investasi it gmn y? Owner bilang inves Ny dri pnya dia sndri ibaratnya di pter di rumah mkan,resto,dll apakah it halal?

    • Bram Irfanda Oktober 4, 2014 at 8:49 pm Reply

      halal…tp klo usaha dia sendiri,,,tp menjanjikan keuntungan 150% dalam 1 bln : KEMUNGKINAN PONZI, krn ga mungkin (klo skala bisnisnya besar) usaha bisa secepat+sebesar itu untuungnya..

  32. fammy agustin Oktober 3, 2014 at 1:50 pm Reply

    Klo invest 200rb jdi 500rb dlm 1 bulan uangnya di ptr di usha Real apakah it haram?

    • Bram Irfanda Oktober 4, 2014 at 8:46 pm Reply

      HALAL,,

      semua yg dari usaha real itu HALAL ASAL GA NIPU,, 🙂

  33. fammy agustin Oktober 3, 2014 at 1:52 pm Reply

    Kok pny sya gk djwb

    • Bram Irfanda Oktober 4, 2014 at 8:46 pm Reply

      JAWABNYA SEMINGGU sekali mb,,,maaf ya sibuk 🙂

Tinggalkan Balasan