Pengalaman Bekerja 16 jam sehari

Bila orang-orang terkaya Indonesia dan dunia bekerja sampai 16 jam setiap hari, kami sendiri pernah bekerja 16 jam sehari selama satu bulan..

Saat itu kami dalam kondisi kepepet, karena walaupun diterima di teknik Sipil UGM melalui jalur UM UGM, tujuan utama kami adalah masuk Fakultas Kedokteran Unair..

Karena merasa kondisi rumah tidak memungkinkan -mama kami selalu merasa kasihan dan tidak tega saat melihat anaknya belajar terus-terusan-, Maka selepas UAN, kami langsung ke Yogyakarta untuk mengikuti Bimbingan belajar persiapan SNMPTN -saat ini disebut SBMPTN- di Neutron Pusat Yogyakarta..

Di Yogya saat bimbel Neuron itulah, kami ‘bekerja’ 16 jam setiap harinya..

Saat itu, kami belajar mulai dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam..

Setiap hari, selama satu bulan..

Minimal kami membaca semua pelajaran SMA dari kelas 1 hingga kelas 3 sebanyak dua kali dan mengerjakan ratusan soal-soal SNMPTN Setiap minggunya..

Memang ada saat-saat jenuh, tapi keinginan kami untuk lulus SNMPTN kala itu begitu besar..

Tekad untuk lulus mengalahkan rasa kantuk karena kebiasaan tidur 8-9 jam perhari seperti saat di rumah..

Tekad untuk lulus mengalahkan rasa suka menonton TV terutama acara sepakbola..

Tekad untuk lulus mengalahkan rasa ingin jalan-jalan di Yogya dan keinginan untuk pulang ke rumah..

Alhamdulillah, kerja 16 jam sehari itu akhirnya terbayar lunas..

Sejak tryout SBMPTN pertama kali hingga yang tryout terakhir tingkat Provinsi Yogyakarta, kami selalu menduduki peringkat pertama dari semua peserta..

Hasil ujian SBMPTN itu sendiri, juga menempatkan kami di pilihan pertama kami, yakni FK UNAIR..

Nilai ujian SBMPTN kami juga cukup memuaskan, dimana kami meraih nilai 68% yang ketika itu sangat cukup untuk masuk Jurusan terfavorit di Indonesia saat itu yakni Teknik Informatika ITB yang mempunyai passing grade 64%..

Walaupun tidak mempersiapkan diri untuk ujian USM STAN  yang berlangsung 2 minggu setelah ujian SBMPTN, sisa kerja keras 16 jam sehari selama empat minggu itu ternyata masih tersisa. Karenanya, kami pun lulus USM STAN untuk pilihan pertama kami, yakni D3 Bea Cukai STAN..

Selalu ada kerja Keras, dibalik semua keberhasilan..

Siap bekerja 16 jam sehari?

 

@dr_BramIrfanda

Tekanan darah anda lebih dari 140/90? berarti anda harus rutin cek Tekanan darah/ tensi anda untuk MENCEGAH GAGAL JANTUNG, GAGAL GINJAL & STROKE

Mau alat tensi Digital HANYA 295ribu FREE ONGKIR + TIPS2 MENURUNKAN TEKANAN DARAH TANPA OBAT? hubungi Mastha Medica (SMS 089675229222 | pin 29F01C60 <= PIN hanya pakai angka nol | Line/WA 085640333374) ya…

 

Bila merasa artikel Bram Irfanda’s Blog bermanfaat untuk Teman-teman, silakan berlangganan Artikel Terbaru Bram Irfanda’s Blog via email dengan mengisikan alamat email teman-teman di form dibawah ini..

Berlangganan ke Blog via Email

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 38.211 pelanggan lain

Kemudian untuk mengaktifkanya, Klik Link Konfirmasi berlangganan Bram Irfanda’s Blog di inbox email anda..

Enjoy! 🙂

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments: 52

  1. Nurul Hidayah September 26, 2012 at 10:41 am Reply

    Wooooow… benar! Selalu ada kerja keras dibalik semua keberhasilan.

    Koq disebutnya “kami” dok? berarti dokter dan teman-teman yang lain ya?

    Bagus tulisannya utk membakar semangat…. ^_^ thanx

    • Bram Irfanda September 26, 2012 at 1:23 pm Reply

      kami itu di bahasa arabnya adl kata ganti’saya’ yg paling tinggi 🙂
      makanya ALLAH di AlQuran menggunakan kata ‘KAMI’ 🙂

  2. Yanuarty Paresma Wahyuningsih September 26, 2012 at 12:44 pm Reply

    owh ternyata mas dokter juga pnah kursus di neutron yogyakarta tooh^_^ samaa donk, hehehe (gak penting yaa).

    Siap dok, sy siap bkrja 16 jam sehari sprti masa kuliah dulu (haaaft jd pengen lanjut kuliah lg).

    Hwaiting…Hwaiting….^^

    • Bram Irfanda September 26, 2012 at 1:24 pm Reply

      Terbang lebih tinggi mbak..FIGHT!!! 😀

      • Yanuarty Paresma Wahyuningsih September 26, 2012 at 1:34 pm Reply

        *terbang pake paralayang seruu nihh….hehehe 😀

        insyaAllah siiiiip!!!! 🙂 Allah akan selalu menolong yang meminta kepadaNya,

        memberikan apa yang dibutuhkan bukan hanya sekadar apa yg diinginkan.

        Semoga setiap langkah kita terhitung sbg tabungan dakwah dan pahala di sisi-Nya, diberikan usia yg barokah, kebenaran pada aqidah, istiqomah dalam ibadah smpe menutupnya dgn khusnul khatimah… AMIIIIIINNN

  3. Annisa Nur September 26, 2012 at 5:20 pm Reply

    Wah,, speechless saya, dok..
    Hanya bisa bilang: subhanallah…

    Barakallah atas sharingnya 🙂

    Semoga dokter sukses dunia-akhirat. Dan doakan supaya para followers dokter bisa bekerja lebih keras lagi demi meraih kesuksesan yang hakiki.
    Aamiin 🙂

    • Bram Irfanda September 28, 2012 at 1:07 am Reply

      aamiin..makasih ya 🙂

  4. Imam bin Arifin September 26, 2012 at 11:04 pm Reply

    Emang salut kami sama teman seperjuangan satu ni…
    Terkadang malah 16jam lebih…dibela2in tdur dmushola SMA juga demi itu mas bro…:)))

    • Bram Irfanda September 28, 2012 at 1:06 am Reply

      @Imam : ga pernah tidur di musholla utk belajar bro, tidur disekolah 4 atau 5 kali pas kegiatan osis dan Rohis 🙂

  5. dianita September 27, 2012 at 10:08 am Reply

    bagaimana caranya, melawan rasa jenuh yang terkadang muncul itu dok ??

    • Bram Irfanda September 28, 2012 at 1:09 am Reply

      impiannya rajin ‘ditatap’, impiannya jg harus dibesarin klo terlalu mudah. smg sukses ya.. 🙂

  6. Fildzah Maret 13, 2013 at 1:19 pm Reply

    Halo dok! Kebetulan saya follower dokter di twitter yg waktu itu sempet ngepost link ini, jadi saya baca. Kebetulan juga saya lagi dalam posisi yang sama nih dok, sedang mengejar bangku kedokteran umum di PTN. Tahun lalu saya gagal dan sangat berharap sekali bisa mencapainya tahun ini. Jujur pas baca saya iri sama semangat dokter yang kuat banget sampe ngekost gitu. Sebetulnya saya cuma mau minta resep saran dari dokter yang sudah sukses ini, hehe. Karena dari saat saya baca posting ini, saya jadi bener bener “wake up” banget dan sadar ujiannya sekitar 3 bulan lagi. Because people said, you have to learn from the expert, if you want to be exactly the same like them. Dan sepertinya saya berada di orang yang tepat untuk menanyakan saran ini, hehe. Terima kasih 🙂

    • Bram Irfanda Maret 14, 2013 at 3:31 pm Reply

      Pasti BISA!!!!
      kalo MAU.. 😀

      ikutin aja cara2 diatas..sampai bisa passing grade > passing grade FK Impiannya..
      Kalau merasa kondisi rumah tidak bisa diajak kerjasama (mama kami selalu kasihan saat melihat anaknya belajar terus2an, makanya kami ikut bimbel), mending ikut bimbel di luar kota..
      Tulis impiannya di secarik kertas yg lebar , lalu liatin setiap hari dan syukuri (seolah) sudah masuk FK impian Ad’..

      kalo muslim, Sholat sunnah (hajat, tahajud) dijaga:)

      barakALLAH..

      • adnosso Mei 5, 2013 at 2:41 pm Reply

        Langkah ini sudah saya lakukan. Rasa jenuh dan bosan kalah seketika.Saya tidak punya uang untuk bimbel di LBB,jadi bayar guru privat untuk Mata Pelajaran tertentu (uangnya hasil saya ngajar privat anak SMA kelas 10 :D)
        Mohon doa restunya Dok, ini tahun terakhir untuk saya(alumni 2011)
        Syukron atas ilmunya Dok 🙂

        • Bram Irfanda Mei 6, 2013 at 4:04 am Reply

          wah..SEMANGAT YA!!! semoga keterima.. 🙂

  7. Sudirman April 15, 2013 at 2:54 pm Reply

    MasyaaLlah dok, moga semangatnya menular kepada kami

  8. rosdiana desiyanti April 21, 2013 at 11:33 am Reply

    Hi dok. Saya bidan dok. Skrg saya kerja di bps 24 jam dg gaji cm 500rb ditambah saya jg hrs mgurus rumah+anak2 bidan saya dok. Mudah2n saya diberi kesabaran seperti dokter 🙂 amiien

    • Bram Irfanda April 21, 2013 at 1:52 pm Reply

      sabar ya mbak..ALLAH ngeliat kok.. 🙂
      pasti ada jalan yg indah bila Kita sabar dan terus berjuang.. 🙂

  9. Aina April 27, 2013 at 12:58 pm Reply

    Assalamu’alaikum dok.. Saya kagum dengan perjuangan kak dokter 🙂 saya juga ingin jadi dokter yang hebat seperti anda, bahkan insyaallah lebih hebat lagi, hehe. Saya siap kerja 16 jam untuk lolos FK dalam SBMPTN.. 🙂

    • Bram Irfanda April 27, 2013 at 2:14 pm Reply

      Wa’laikum salam wr wb..

      InsyaALLAH bisa!

      Barakallah..:)

  10. andriani April 29, 2013 at 1:33 pm Reply

    Pak dokter angkatan tahun berapa ?

    • Bram Irfanda April 30, 2013 at 12:30 pm Reply

      masuk FK angkatan 2005 🙂

  11. angel Juli 4, 2013 at 10:30 am Reply

    udah dipraktekin, dan mulai comfort dengan belajar 16 jam seharinya kayak dr. Irfanda
    walaupun agak susah dan dipaksa 😀 . Terima Kasih Dokter atas Inspirasinya kepada kami
    doakan kami lulus USM STAN tahun 2013 ini . aamiin

    • Bram Irfanda Juli 6, 2013 at 2:01 am Reply

      aaminn,,

      jaga diri tetap dekat TUHan setelah masuk STAN ya.. 🙂

      • Frinestiara Desember 7, 2013 at 10:30 pm Reply

        Usaha ga akan mengkhianati. Mengorbankan semua kesenangan sesaat. doakan yah dok, saya pun harus berjuang kembali utk menyusul dokter utk menjadi dokter.

        • Bram Irfanda Desember 8, 2013 at 6:28 pm Reply

          PASTI BISA!:)

  12. aina Januari 20, 2014 at 2:03 pm Reply

    dok,,, saya sekarang msih klas 2 SMA. saya bercita-cita untuk menjadi dokter dan dukungan dari orang tua juga. mulai sekarang apa yang harus saya persiapkan??? mohon sarannya.

    • Bram Irfanda Januari 23, 2014 at 4:18 pm Reply

      belajar pelajaran IPA dan mulai kerjain soal2 SBMPTN..kerjakan secepat mungkin ya..:)

      Utk biaya, skrg FK itu murah 🙂

  13. Ayu Reskia Putri Februari 12, 2014 at 8:10 am Reply

    Kak… , Gimana Bagi Orang Yang Keinginannya sangat besar ingin masuk FK , Tapi kemampuan dalam pelajaran Kurang Memuaskan ???

    • Bram Irfanda Februari 18, 2014 at 5:56 pm Reply

      Banyak orang merasa ‘bodoh’ krn saat kecil sering diejek/dikatai bodoh. pdhl sejatinya ia sgt cerdas..

      mulai skrg ubah pola pikirnya : “AKU ORANG YG SANGAT CERDAS, DAN MAMPU MENJADI NOMOR 1” (ULANGI KALIMAT INI MINIMAL 5X SEHARI)

      lalu belajar minim 16jam sehari, pasti bisa masuk FK!

  14. alan Juli 3, 2014 at 11:37 am Reply

    apa bisa dok … SMK jurusan komputer masuk fk kedokteran soalnya d SMK ada pelajaran IPA

    • Bram Irfanda Juli 4, 2014 at 1:14 pm Reply

      bisa…belajar IPA yg rajin ya..:)

  15. michelle Oktober 20, 2014 at 6:52 pm Reply

    kalau kesadaran belajarnya itu telat, apa bisa ya, masuk fakultas kedokteran unair?

    • Bram Irfanda Oktober 21, 2014 at 7:03 pm Reply

      bisa.. 🙂

  16. dian November 1, 2014 at 4:45 pm Reply

    barakallahu:^) bener-benr semangat wktu baca ini… dan ada rasa iri tentunya. sukses selalu dokter!

    • Bram Irfanda November 2, 2014 at 6:33 pm Reply

      ada rasa INGIN? yuk mulai belajar 16 jam sehari! 🙂

  17. idham khalid Januari 13, 2015 at 9:58 pm Reply

    assalamualaikum..
    dok. minta doanya yha.. skrng saya duduk di kls 12 dan mau menjelang ujian..
    cita-cita dr orang tua saya dokter.. dan saya berusaha untuk mewujudkan semua itu…
    setelah baca semuanya ini.. saya nambah semangat… thanks dok sebelumnya.. dan kalo boleh tau apa saja kunci kesuksesan dr apa yg udah di lakuin ama dokter selama menjalang ujian SBMPTN itu….

    thanks..

    • Bram Irfanda Januari 17, 2015 at 5:52 pm Reply

      wa’alaikumsalam

      2bln sebelum SBMPTN : belajar setiap hari minim 12jam 7hari seminggu (di sekolah+rumah), sebulan terakhir belajar 16 jam/hari. doa+sholat hajat tiap habis sholat fardlu, baca yasin tiap abis magrib, + baca sholawat minim 100x /hari

  18. idham khalid Januari 18, 2015 at 9:12 pm Reply

    makasih dok atas semua masukannya… insyallah saya akan konsisten mengerjakan apa yang dokter katakan.. mudah-mudahan ini merupakan salah satu petunjuk yang Allah berikan kepada saya untuk mencapai masa depan yang menunggu saya… dan kebetulan saya juga lagi pesantren dok.. 🙂 … saya sangat berterima kasih bgt dan bersyukur kpd Allah karena udah di tunjukannya blog ini..

    Syukron…. yarhamukallah fi kulli yaumukum…. Amiienn…

    • Bram Irfanda Januari 21, 2015 at 10:22 am Reply

      waiyyakum,,aamiin..:)

  19. nabila Februari 19, 2015 at 4:37 am Reply

    DOKTER APA LULUSAN SMK PERAWAT TIDAK BISA MASUK FK??

    • nabila Februari 19, 2015 at 4:41 am Reply

      kata temen saya gak bisa langsung masukdok.harus tamatin kuliah perawat atau bidan dulu baru masuk fk.

      saya kan jadi bingung dok, mohon pencerahannya

      • Bram Irfanda Februari 22, 2015 at 3:19 pm Reply

        itu bohong..

        klo terlanjur masuk kuiah perawat/bidan harus keluar dlu, baru daftar FK 🙂

    • Bram Irfanda Maret 8, 2015 at 8:31 pm Reply

      peraturan terbaru : smk cm bisa lewat FK SWASTA 🙂

  20. nabila Maret 27, 2015 at 7:18 pm Reply

    mank kenapa gak bisa dok??? saya gak ada uang kalo swasta

    • Bram Irfanda Maret 29, 2015 at 7:38 pm Reply

      peraturan pemerintah sih ya.. 🙂

  21. Nidya Rosa P Juni 2, 2015 at 1:59 pm Reply

    Dok saya mau tanya,sekarang saya masih kelas 2 sma mau naik kelas 3, dulu pas kelas 1 sma saya peringkat 10 besar dok lalu kelas 2 sma nilai saya turun dan saya gak dapet peringkat ,apa bisa saya masuk kedokteran dok ?? Kalau bisa saya minta sarannya dok, makasih dok

    • Bram Irfanda Juni 2, 2015 at 2:02 pm Reply

      bisa banget..
      nanti klas 3 hrs sgt semangat belajar pelajaran IPA agar nilainya bagus ya:)

  22. Lisa Adriani April 9, 2017 at 1:11 pm Reply

    Makasih pak dokter sdh mw berbagi pengalaman , buat sy jadi smangat, sy jga skrg lagi mw nunggu hsil snmptn dan kalau ngak lulus, ikut tes sbmptn di fakultas kedokteran, nmun wktunya tinggal 3 minggu , nmun sy akn berusaha belajar keras sma sperti pak dokter agar bsa lulus, sy benar2 ingin jdi dokter yg bisa menolong banyak org , itu impian sy.mohon doany pak dokter😊😊😊😊

    • Bram Irfanda November 12, 2017 at 10:12 pm Reply

      siiip.. gmn hasilnya? 🙂

  23. milenia Juli 14, 2017 at 6:10 pm Reply

    Dok mau tanya.. Dulu dokter dikelas rangkingnya berapa?

    • Bram Irfanda November 12, 2017 at 9:49 pm Reply

      sma? kebetulan rangking 1. tp ga rangking 1 jg banyak yg masuk FK kok, tgt niat 🙂

Tinggalkan Balasan