MOMENT MLM, Penipuan MONEY GAME?

Apakah MLM Moment Indonesia termasuk MONEY GAME / PENIPUAN / SKEMA PIRAMIDA / SKEMA PONZI?

Beberapa tahun ini MLM Moment tengah booming di Indonesia. Banyak sekali yang sudah menjadi membernya dan banyak beredar testimony keuntungan puluhan Juta, ratusan Juta bahkan sampai Milyaran rupiah dari moment indonesia. Tak pelak banyak yang bertanya, apakah MLM Moment termasuk MONEY GAME / PENIPUAN / SKEMA PIRAMIDA / SKEMA PONZI?

Moment Indonesia merupakan brand asli Surabaya, besutan PT MOMEN GLOBAL INTERNASIONAL. Di website resmi Moment Indonesia, Moment berpromosi bahwa mereka adalah MLM Terbaru yang menawarkan peluang usaha MLM produk suplemen dan kesehatan. Selain Moment Indonesia, juga ada Moment Infinity, Distributor produk moment Indonesia yang agresif mencari member..

Beberapa Teman saya yang memang pecinta MLM, ragu akan skema bisnis MLM Moment karena membaca dua tulisan saya yang berjudul : peluang bisnis VSI ustadz Yusuf Mansur, MMM serta Boss venture dan MLM terbaru MYAZARIA atau AZARIA BEAUTY SHOP yang khususnya MYAZARIA atau AZARIA BEAUTY SHOP, sangat mirip dengan MOMENT Indonesia..

Lantas, bagaimana dengan MLM Moment? apakah MLM Moment tergolong MONEY GAME / SKEMA PIRAMIDA / SKEMA PONZI juga?

Setelah saya cek di website resmi moment Indonesia, ternyata Moment Indonesia menggunakan skema piramida alias termasuk Money Game..

Hal ini bisa diamati jelas dengan melihat skema bisnis resmi moment Indonesia, dimana seorang yang bergabung menjadi member, harus mencari member baru, agar bisa memperoleh bonus. Agar tampak menjanjikan Keuntungan yang besar, moment Indonesia menciptakan beberapa skema bonus diantaranya, Fast Start Bonus, Team Volume / Pairing Bonus, Unilevel Bonus dan Car & House Partnership program yang semuanya bernafaskan skema Piramida..

Skema Piramidanya seperti ini :

marketing plan bonus moment

 

Seperti semua skema Piramida yang lain, hanya ada sekitar 10% member yang pertama gabung sebagai member MLM Moment yang akan memperoleh keuntungan dari skema Piramida MLM Moment. Sedangkan sekitar 90% member yang bergabung belakangan alias telat akan menderita kerugian karena tidak mampu merekrut member baru..

MLM Moment kan memiliki produk, apakah sama dengan Skema Piramida MMM?

MLM Moment memiliki produk berupa produk suplemen dan kesehatan, diantaranya PROPOLIS MINT, TERAGEN, MOMENT, dan GLUCOGEN. Produk-produk Moment Indonesia ini sebenarnya hanya dijadikan sebagai pelengkap modifikasi skema piramida saja. Hal ini terlihat jelas bila anda mengamati Marketing Plan MLM Moment, yang paling ditekankan adalah BONUS MEMBER GET MEMBERNYA, BUKAN JUALAN PRODUK MOMENT nya, yang mana merupakan CIRI KHAS SKEMA PIRAMIDA..

Untuk menjadi member baru MLM Moment, seseorang harus membayar uang pendaftaran rp.100.000 dan membeli produk moment indonesia minimal senilai rp.1.200.000 untuk member tipe Silver, produk senilai rp. 3.600.000 bagi member tipe Gold, dan produk senilai rp.8.400.000 bagi member tipe Platinum. Produk-produk Moment yang dijual moment indonesia dengan harga rp.1.500.000/box itu, harga dari pabrik biasanya hanya rp.100.000-200.000/Box, bahkan ada yang lebih murah.  Dari selisih uang penjualan sebesar rp.1.200,000 yang dikurangi biaya Produksi rp.200.000, maka akan kita temukan uang sebesar rp.1.000.000. Uang rp.1.000.000 inilah yang akhirnya dibagikan menjadi berbagai jenis Komisi skema piramida MLM Moment diatas..

Pemilihan produk suplemen dan kesehatan sebenarnya hanyalah ‘gimmick’ (trik) untuk menarik orang-orang yang kurang paham, agar bergabung menjadi member MLM Moment. produk suplemen dan kesehatan, apalagi yang menyasar kalangan menengah dan atas, tidak mempunyai patokan harga pasti, jadi bisa dijual diharga jutaan, walau aslinya tidak begitu bermanfaat. Dari Faktor harga ini pula, MLM Moment bisa beralasan bahwa toh bila tidak mampu merekrut member baru, member MLM Moment yang kurang paham masih bisa jualan produk Moment. Sebab Inilah yang bisa menjadi alasan untuk mengajak member baru bergabung dengan MLM Moment..

Sebagaimana MLM Moment yang mempunyai produk suplemen kesehatan, umumnya Skema Piramida yang mempunyai produk memang lebih awet bertahan lama bila dibandingkan dengan skema Piramida yang tidak memiliki Produk Nyata. Namun, Memiliki produk ataupun tidak, sebuah skema Piramida tetaplah skema Piramida yang merupakan suatu skema penipuan..

Halal / Haram?

Sebagaimana skema Piramida lainnya, MLM Moment juga membawa pesan pesan baik seperti kerja keras, motivasi menjadi kaya, sedekah, nilai keagamaan dll serta mengajak orang-orang baik & / terkenal -namun kurang paham akan bahaya skema Piramida- dalam setiap jualannya. Bagi yang awam, hal ini bisa sangat menipu layaknya Golden Trader Indonesia syariah (GTIS) yang berkedok investasi Syariah – bahkan produk GTIS dilengkapi dengan Sertifikat halal MUI-, yang ternyata merupakan skema Ponzi dan merugikan nasabah sampai mencatatkan kerugian total trilyunan Rupiah. Seislami dan sebaik apapun cara marketingnya, bila menggunakan skema piramida, maka tetaplah suatu penipuan..

Kok Sudah ada yang mendapatkan Keuntungan dari MOMENT?

Dalam sebuah skema Piramida seperti Moment Indonesia, waktu (timing) saat bergabung menjadi member sangat menentukan apakah anda akan bisa mencatatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian..

Namun, walaupun anda tergolong 10% pertama member yang bergabung di MLM Moment, dan mendapat puluhan Juta / ratusan Juta / Milyaran rupiah uang Bonus member get member setiap bulannya, uang yang anda peroleh itu merupakan UANG HARAM..

Kenapa?

Karena system Skema Piramida adalah skema penipuan, maka uang hasil dari skema piramida adalah hasil penipuan yang pasti HARAM..

Jadi, baik anda bergabung di awal dan mendapat ‘keuntungan’, maupun anda bergabung di akhir dan mendapat kerugian, sesungguhnya anda sama-sama mengalami kerugian..

Anda yang bergabung di awal dan mendapat ‘keuntungan’ dirugikan karena uang yang anda peroleh adalah uang haram, sehingga hanya akan membawa malapetaka di kemudian hari karena  hanya merupakan HUTANG REZEKI ANDA..

Anda yang bergabung di akhir akan sangat sulit mencari member baru dan pasti mendapat kerugian dari membeli Produk suplemen Kesehatan yang dijual kemahalan..

MLM Moment kan terkenal, Bagaimana Mungkin sebagian Besar membernya akan Rugi?

Moment Indonesia  didirikan pada akhir tahun 2012 dengan Dirut yang bernama Agus Mamun Sanjaya. Agus Mamun Sanjaya dulunya adalah seorang Area Manager di Oriflame Indonesia Palembang. Pengalamannya belajar dari Oriflame yang merupakan MLM International inilah yang membuat perkembangan Moment Indonesia berjalan cepat. Kecepatan pertumbuhan Moment Indonesia  ini yang jadi masalah dan harus anda perhatikan bila anda ingin –lebih tepatnya memaksa- bergabung dengan Moment Indonesia..

Dalam semua bisnis, ada yang namanya skala bisnis, yang mana bila ukuran bisnis kita sudah melewati ukuran tertentu -yang tergantung jenis bisnisnya-, bisnis itu tidak akan bisa lagi berkembang. Moment Indonesia  juga menghadapi hal yang sama..

Sederhananya, ambil contoh saja ada 10 Juta orang di Indonesia yang tertarik membeli produk dan bergabung dengan MLM, dalam hal ini semua MLM yang beredar di Indonesia, buka Cuma Moment Indonesia. Namun, perlu dicatat, ini berarti ada 190Juta penduduk Indonesia lainnya yang antipati atau tidak bisa bergabung dengan MLM..

Seandainya, anda bergabung dengan Moment Indonesia  di tahun 2013, dan termasuk mereka yang bergabung diawal, yakni saat jumlah member Moment Indonesia  masih 10.000 orang, tentu mencari member baru bukan hal susah bagi anda, karena masih ada 9.990.000 pencinta MLM yang bisa anda rekrut menjadi kaki-kaki jaringan member anda.

Nah, masalah besar menanti anda bila anda baru bergabung di tahun 2015 dan anda menjadi member ke 9.990.000!

Artinya, Cuma ada 10.000 orang se Indonesia yang bisa anda rekrut untuk menjadi kaki-kaki jaringan anda. Horor bukan? 😀

Dan ingat, selain Moment Indonesia  ada banyak MLM beneran dan MLM skema Piramida lain yang juga memperebutkan 10.000.000 pencinta MLM ini, bukan hanya Moment Indonesia..

Itu artinya, bisa jadi hanya 1.000.000 orang yang mau dan mampu bergabung dengan Moment Indonesia. Namun, Kemungkinan besarnya, Bisa jadi malah kurang dari itu jumlahnya..

Aspek Hukum

Selain itu, Skema Piramida ini sudah dilarang pemerintah lewat Undang Undang No 7 Tahun 2014 (UU Perdagangan) Pasal 9 yang menyebutkan bahwa ” Pelaku Usaha Distribusi dilarang menerapkan SKEMA PIRAMIDA dalam mendistribusikan barang “. Hukuman bagi yang menerapkan SKEMA PIRAMIDA menurut UU Perdagangan : Pidana 10 tahun penjara dan atau denda Rp 10 miliar

Demi Kebahagiaan Hidup anda, Kami Harap anda tidak bergabung dengan moment Indonesia / moment infinity ketika mendapat penawaran untuk bergabung dengan moment Indonesia / moment infinity.

Nah, bagi anda yang sudah bergabung dengan moment Indonesia / moment infinity, mohon berhentilah mengajak member baru untuk bergabung bersama anda, dan ubahlah focus dari berlomba merekrut member baru menjadi focus untuk menjual produk Momentnya, agar tidak makin banyak orang yang akan mengalami kerugian..

Menjadi member dan mendapat keuntungan dari menjual Produk Moment Boleh, yang haram hanyalah Bonus Mencari member barunya -Member get membernya- alias bonus skema Piramidanya..

 

@dr_BramIrfanda

Masih Bingung dengan SKEMA PIRAMIDA MOMENT? KENAPA BISA HARAM? silakan baca ini (klik disini) => Penipuan Skema Piramida & Ponzi

Mempunyai Tabungan Puluhan / ratusan Juta atau malah Milyaran? anda bisa belajar Investasi saham dengan kami, disini => Blog Analisa saham Fundamental

Berlangganan ke Blog via Email

GRATIS! untuk berlangganan artikel blog ini via email & menerima UPDATE REVIEW MLM TERBARU / PELUANG INVESTASI YG TERMASUK MONEY GAME, SKEMA PIRAMIDA & PONZI, Silakan Masukkan alamat email anda ke form dibawah ini, lalu klik konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

 

AGAR ANDA TIDAK KEHILANGAN UANG HASIL JERIH PAYAH ANDA BERTAHUN-TAHUN KARENA TERJEBAK DENGAN PENIPUAN MONEY GAME SEJENIS, MOHON BACA ARTIKEL2 DIBAWAH INI :

Tagged: , , , , , , , , ,

Comments: 2

  1. Astrid Nov Juni 21, 2017 at 9:25 am Reply

    Dok, saya ingin bertanya ttg mlm pibipibo pajangbarang.. mohon penjelasannya.. terima kasih 🙏🙏

    • Bram Irfanda November 12, 2017 at 9:52 pm Reply

      skema piramida jg, haram 🙂

Tinggalkan Balasan