Makna ‘Kami’ dalam Al Quran

Sangat banyak teman, terutama di twitter yang bertanya :

“Dok kenapa kok di blog dan twitter, selalu memakai kata ‘kami’ bukannya ‘saya’? Kan yang menulis dokter sendiri, jadi bingung dok..”

Sebenarnya, kebiasaan menggunakan kata ‘kami’ untuk menggantikan kata ‘saya’ ini kami mulai setelah seorang teman kami bertanya kepada kakak kelompok Rohis kami di FK Unair , pertanyaannya seperti ini :

“Kenapa Allah menggunakan kata ganti KAMI di Alquran, kan ALLAH itu satu?”..

kakak Rohis kami yang pintar berbahasa arab lalu menjawab bahwa ALLAH senang menggunakan kata ‘Kami’ karena dalam tata bahasa arab, hal itu tampak lebih sopan..

Karena menurut tata bahasa arab lebih sopan itulah, ALLAH SWT sering menggunakan kata ‘Nahnu’ atau ‘KAMI’ untuk menggantikan kata AKU atau ALLAH..

Karena lebih sopan pula, ALLAH menyebut Nabi Ibrahim yang saat itu hanya sendiri saja, tetap disebut dengan ‘ummat’ yang berarti ‘kumpulan orang’ di surat An Nahl berikut ini..

“Sesungguhnya Ibrahim adalah ummat yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif . Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan. “ (QS. An-Nahl : 120)

Karena alasan kesopanan pula, kata ‘antum’ yang berarti ‘kalian’ lebih sering dipakai daripada kata ‘anta’ yang berarti ‘kamu’..

Namun, agar lebih enak saat dibaca dan lebih cocok untuk orang Indonesia, mulai sekarang kami akan menggunakan kata ‘saya’..

Bila tidak khilaf tentu saja.. 😀

 

@dr_BramIrfanda

Mau alat tes gula darah, asam urat dan kolesterol dalam satu alat? hubungi Mastha Medica ya..

Tagged: , ,

1 comment

  1. Gita November 16, 2012 at 6:40 am Reply

    Ass..dok..

    terimakasih atas informasi ini,,sdh lama saya mempertanyakan mengenai knp Allah memakai kata KAMI…yg tadinya saya pikir KAMI itu adalah Allah dan Malaikat”nya….hehehe

    Wassalam….dan semoga sehat sll… 🙂

Tinggalkan Balasan