BCG / Boston Matriks & Penerapannya ke Bisnis Anda

“BCG / Boston matrix dan penerapannya dalam bisnis” ini adalah salah satu materi yang kami share ke kelompok mentoring kami. BCG matrix ini sangat penting bagi anda yang menjadi manager marketing dan pengusaha untuk mengatur portfolio perusahaan atau usaha anda.

Kami berharap materi ini bisa bermanfaat bagi bisnis teman-teman semua..

boston matriks bcG matrix

  1. Boston matrix adl sebuah alat analisis bisnis yg digunakan utk perencanaan portofolio Produk kita. Apakah dari sekian banyak produk kita , ada yg tumbuh? Laris? Hrs dimatikan?

  2. Boston matrix bisa digunakan utk menentukan : kapan hrs berinovasi dan ciptakan produk baru, apakah kita hrs berinvestasi utk pengembangan produk baru, hrs mengembangkan yg sudah ada, atau menghentikan produknya.

  3. Boston matrix ini jg penting, utk penataan dan perencanaan SDM, modal, strategi jangka panjang, Pivot dll

BCG matrix boston matriks

  1. Boston matrix terdiri 2 indikator utama : 1. Market share (pangsa pasar) dan 2. Market growth (pertumbuhan pasar)

  2. Berdasar Market share (pangsa pasar) dan Market growth (pertumbuhan pasar)nya, produk bisa dibagi menjadi 4 kategori : Tanda Tanya ( Question Marks ), Bintang ( Star ), Sapi Perah ( Cash Cows ), Anjing ( Dogs )

  3. Kategori Question Marks (Tanda Tanya) : Yang termasuk dalam kategori Question Marks ini adalah produk atau bisnis unit yang BARU.

  4. kategori TANDA TANYA : Seperti lazimnya produk baru, kategori ini memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi tetapi pangsa pasarnya masih sangat rendah . Menghisap cash dan modal, tp belum mnghasilkan

  5. Dari banyak produk yg kita luncurkan (kategori TANDA TANYA), maka ada beberapa yg akan jadi sgt laris dan menjadi BINTANG (STAR). CONTOH : ZARA LAUNCH 54 PRODUK/TAHUN, 15 Produk Yg jadi BINTANG

  6. Stars (Bintang) : Yang termasuk dalam kategori Stars atau Bintang adalah produk atau unit bisnis yang memiliki PANGSA PASAR yang dominan dan PERTUMBUHAN yang cepat serta menghasilkan uang (pendapatan) yang besar.

  7. PRODUK KATEGORI BINTANG : produk-produk yg LARIS & TUMBUH. Krn tingkat pertumbuhan besar, diperlukan banyak investasi. Tp imbal hasilnya diatas investasi

  8. Suatu produk BINTANG, TIDAK SELAMANYA akan menjadi BINTANG. LAMA2 ORG BOSAN atau tidak ada lagi konsumen baru atau ada kompetitor. Maka pertumbuhannya melambat atau TIDAK TUMBUH LAGI => jadi produk SAPI PERAH (CASHCOW)

  9. kategori Cash Cows / Sapi Perah : produk atau unit bisnis yang LARIS Tapi TIDAK TUMBUH.

  10. SAPI PERAH : Produk atau unit bisnis pada kategori ini memiliki pangsa pasar yang tinggi namun prospek pertumbuhan kedepan akan sangat terbatas.

  11. ketika produk kita dalam kategori SAPI PERAH , WAJIB CIPTAKAN PRODUK BARU

  12. PRODUK Yg masuk kategori SAPI PERAH adalah TANDA PASTI kalo PRODUK LARIS INI AKAN (ENTAH KAPAN) MATI

  13. Bila kita terlambat membuat produk baru (produk Tanda tanya), maka siap2 omset akan turun

  14. Krn cepat atau lambat, semua produk baru, produk laris dan produk terlaris kita akan jadi produk yg TIDAK LARIS (DOG)

  1. Kategori Dog (Anjing) : produk atau unit bisnis TIDAK LARIS ATAU PENJUALANNYA TURUN TERUS. Produk DOG: produk2 ini memberi keuntungannya sangat rendah atau bahkan membawa kerugian.

  2. Semua produk harus : SEGERA DI KELUARKAN DARI TOKO / JUAL MURAH alias obral / TIDAK DIJUAL LAGI

  3. Contoh kasus : ZARA nya Inditex

  4. Tiap tahun ZARA mengeluarkan 54 produk baru (KATEGORI TANDA TANYA), atau 2 model baru per 2minggu

  5. Dari 54 produk baru ini 15 produk rata2 laris bgt (KATEGORI BINTANG), Makanya digenjot terus dan diutamakan produksinya

 

  1. Dari 15 produk plg laris tadi, lama2 penjualannya stagnan (kategori SAPI PERAH), Maka ZARA menyiapkan 30.000 rencana model baru utk dipilih 2 model terbaik yg di keluarkan tiap 2minggu

  2. Dari 54 produk Zara td, 39 produk jadi produk DOG di awal..
    Sedangkan 15 produk laris( BINTANG ) akhirnya menyusul menjadi dog.. dan hentikan penjualannya..

Demikian materi Boston matrix , ada yg kurang jelas?

 

@dr_Bramirfanda

^ mau materi2 bisnis seperti diatas? silakan Join Channel Irfanda Club on Telegram

^ Yang mau ingin atau makin kaya dg investasi saham, bisa Join Channel Irfanda Capital On telegram 

Berlangganan ke Blog via Email

GRATIS! untuk berlangganan artikel blog ini via email & menerima UPDATE blog ini. Silakan Masukkan alamat email anda ke form dibawah ini, lalu klik konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan