Bagaimana Menulis Jurnal Harian Akan Menjadikan Anda Sukses

Jujur saja, saya termasuk orang yang suka hal-hal praktis dan tidak ribet. Dan akan menjauhi semua hal ribet walaupun itu masih ‘potensial’, bila tidak berpotensi memberikan imbal hasil besar..

Lalu, minggu ini, Guru saya Robin sharma, mengeluarkan podcast atau video tentang Journaling Deconstruction yang bikin JLEB.. 😀

Kenapa sih perlu ribet menulis jurnal?

Pertama, membuat jurnal bisa merevolusi mindset Kita

Masalah utama bagi -khususnya- semua pengusaha dan semua orang – juga saya- adalah kita mempunyai banyak mindset yang salah. Karena di mayoritas waktu, kita melakukan sesuatu diluar kesadaran kita, Kita biasanya melakukan sesuatu berdasarkan kepercayaan (alam bawah sadar ) kita.

Masalah terbesarnya, kalo mindset di alam bawah sadar kita salah, maka apa yang kita lakukan juga salah, begitu juga sebaliknya. jadi, kalo di alam bawah sadar kita, kita adalah pencuri, maka ketika ada kesempatan kita kan mengambil yg bukan hak kita. Bila di alam bawah sadar anda, nonton atau jalan-jalan keluar untuk dinner dll adalah hal wajib setelah tekun bekerja adalah hal wajib, maka itulah yang akan kita lakukan..

Namun, bila dipikir lagi, sebenarnya kita bisa meredakan stres dengan cara sederhana seperti zikir, memberi makan ikan, nyiramin tanaman di pot dll yang lebih singkat dan hemat 😀

Menulis jurnal sangat bisa mengubah anda dari yang sering membuang waktu menjadi orang yang efektif waktu, yang mana bisa bener-bener mengubah hidup anda..

Kita bisa menggunakan jurnal untuk mengenali mindset anda yang salah sekaligus memperbaikinya, menarik bukan? 🙂

Baca Juga :

Kedua,  Menulis jurnal bisa mendamaikan Pikiran

Coba tulis kemarahan, kebencian, dan hal-hal lain yang anda tidak suka di jurnal anda, TANPA mengatakannya kepada orang tersebut..

Cara ini efektif meredakan kenangan buruk, masa lalu yang kelam, kebencian dll. Tidak menyukai orang? tulislah.. Marah? Tulislah.. Karena hati butuh pelampiasan, dan pelampiasan hal buruk seperti kebencian yang paling tidak merugikan adalah menulis di buku..

Ketiga, mencatat Jurnal bisa membuat sukses diri Kita

Dengan menulis hal-hal yang kita lakukan setiap hari, pasti akan ketemu – bisa sedikit sampai banyak- hal-hal tidak penting yang kita lakukan sepanjang hari, baik kita sengaja atau tidak..

Dengan menulis Jurnal harian, hal-hal tidak penting ini bisa kita sadari dan kita renungkan, apakah hal ini penting agar impian kita tercapai?

Kalo ga penting ya tinggalkan, lalu bisa kita ganti dengan aktifitas yang lebih mendekatkan diri anda dengan impian anda..

Well, sangat menarik ya melihat begitu banyak manfaat membuat jurnal..

Saya sendiri berniat membuat 2 jurnal, jurnal hal-hal baik di blog dan buku, dan jurnal hal-hal buruk di buku agenda harian..

Pertanyaan saya, bagaimana dengan anda? siapkah menjadi lebih sukses dengan membuat jurnal?

 

 

Penggemar anda,

@dr_BramIrfanda

Bagi anda yang ingin belajar Investasi terutama investasi saham, bisa belajar GRATIS di blog saya : Irfanda.id

Tagged: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan